Iklan 728x90

Cara Monitoring Trafik Jaringan di Mikrotik menggunakan Torch




Agar sebuah jaringan bisa berjalan dengan baik, seorang admin jaringan harus melakukan monitoring trafik, salah satu tool yang sering di pakai di Mikrotik yakni Torch. Torch merupakan salah tools yang ada di mikrotik untuk memonitor traffic pada jaringan secara real time. 

Kita bisa melakukan monitoring suatu host tertentu sehingga sangat membantu admin dalam mengetahui traffic yang terjadi pada suatu host berdasarkan jenis protokolnya, alamat asal, alamat tujuan, serta tipe port. Sehingga admin di harapkan bisa mengetahui apa yang harus di lakukan berdasarkan sumber trafik tersebut

Untuk memantau trafik menggunakan Torch bisa anda klik menu Tools --> Torch akan tampil seperti berikut ini.


Sumber : wiki.mikrotik.com
Perhatikan menu yang terdapat di window Torch ini, Klik tombol Start untuk mengaktifkan layanan Torch, sehingga kita dapat melakukan monitoring terhadap aliran paket data pada router mikrotik. 

Dapat kita lihat gambar di atas alamat IP 209.68.35.17 menggunakan service http port 80 penggunaan bandwidth sebesar 3.7 kbps. Ini salah satu contoh cara melihat trafik berdasarkan alamat IP, selanjutnya terserah anda jika ada alamat IP memakai terlalu banyak bandwidth bisa di blokir menggunakan IP firewall. 

Untuk membuka Tools Torch anda bisa juga melalui menu IP --> ARP



Nah cukup sampai di sini pembahasan tentang monitoring jaringan di Mikrotik menggunakan Torch, kalau anda kurang puas dengan salah satu tools di mikrotik ini bisa anda gunakan tools yang lain, masih banyak tools jaringan untuk monitoring trafik belum kami bahas dalam artikel kali ini. Selamat mencoba semoga berguna..

Post a Comment

0 Comments