Iklan 728x90

Pengertian Variabel dan Penulisan Variabel di php


Pengertian Variabel dalam PHP

Di penggunaan bahasa pemrograman variabel mempunyai peranan yang sangat penting, dalam pembuatan source code yang ingin kita buat. Variable adalah suatu lokasi penyimpanan di dalam memori komputer yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya tidak diketahui maupun telah diketahui (sumber wikipedia).

Data yang tersimpan di dalam variabel akan hilang setelah program di lakukan eksekusi, jika ingin menyimpan data secara permanen kita bisa simpan di disk atau di sesbuah database. Nilai yang di simpan di dalam variabel selanjutnya bisa di pindahkan ke dalam database atau di tampilkan kembali ke pengguna.
Nilai dari sebuah variabel dapat di isi dengan informasi yang di inginkan dan bisa di ubah nilainya saat kode program sedang berjalan. Variabel mempunyai nama yang di gunakan untuk mengakses nilai dari sebuah variabel.
Variabel dalam bahasa pemrograman php di gunakan untuk menampung nilai inputan dari user atau nilai kyang sudah di definisikan, dalam aturan penulisan variabel php memiliki beberapa aturan tentang penggunaan penulisan variabel.

Dengan menggunakan variabel inilah kita bisa memanipulasi nilai data dari inputan agar dapapt di olah menjadi nilai yang di inginkan. Selain variabel di dalam php juga menyediakan cara lain agar dapat menampung nilai dengan menggunakan konstanta (constant).
dd

Penulisan variabel di PHP

Penulisan variabel di dalam php harus di awali dengan karakter tanda dollar($), setelah tanda $ di ikuti oleh karakter pertama berupa huruf atau underscore (_) selanjutnya karakter kedua bisa menggunakan huruf, angka atau underscore.

Minimal panjang karakter dalam penulisan variabel adalah 1 karakter setelah tanda ($), berikut contoh penulisan variabel di dalam php.

<?php
   $a;
   $nama;
   $Umur;
   $alamat;
?>

Penulisan variabel di PHP bersifat case sensitif

Di dalam penulisan variabel harus di bedakan penulisan huruf besar dan huruf kecil (case sensitif) misalnya penulisan $Harga akan di bedakan dengan $harga variabel yang di tulis tersebut akan di anggap sebagai variabel yang berbeda. Untuk lebih mudah hendaknya penulisan variabel menggunakan huruf kecil semua.

Memberikan Nilai kepada Variabel

Untuk memberikan nilai dalam sebuah variabel di php menggunakan tanda sama dengan (=) operator sama dengan ini di kenal dengan istilah Assignment Operators.

Pemberian nilai sebiah variabel di sebut dengan assignment namun jika variabel langsung di berikan nilai awal maka disebut proses inisialisasi.
Contoh nilai (inisialisasi) ke variabel:
<?php
   $nama = "joko";
   $umur = 20;
   $pesan = "Hello World";
?>
Variabel di PHP tidak memerlukan pendeklarasian 
Jika anda mempelajari bahasa pemrograman pascal, C, C++ sebuah variabel harus di deklarasikan tipe datanya terlebih dahulu sebelum di gunakan. Untuk membuat variabel cukup membuat nama dari variabel tersebut beserta nilainya misalnya $nama=”andi” maka variabel tersebut akan langsung otomatis di anggap string begitu pula dengan tipe data interger maupun array.
<?php
$nama="founder";
$nama="admin";
$nama="administrator";
echo "$nama";
?>

Penulisan script diatas, sebuah variabel $nama di gunakan berulang sebanyak 3 kali, kemudian di tampilkan nilai variabel dengan perintah echo maka nilai variabel yang di tampilkan adalah yang terakhir, maka tulisan administrator yang akan di tampilkan di browser.

Variabel dalam PHP tidak bertipe

Variabel di dalam php tidak terikat dengan sebuah tipe tertentu, hal ini berbeda dengan bahasa pemrograman seperti pascal atau C, jika sebuah variabel bertipe integer maka variabel tersebut hanya menampung nilai angka tidak bisa di isi nilai huruf.

Bisa kita lihat seperti contoh berikut ini
<?php
   $a = 100; // variabel a berisi angka (integer)
   $a = "kamu"; // variabel a bisa diubah menjadi (string)
   $a = 17.42; // variabel a diubah menjadi desimal (float)
?>

Variabel (Predefined Variables)
Predefined Variables adalah beberapa variabel yang telah didefenisikan secara sistem oleh PHP, sebaiknya  kita tidak memakai variabel dengan nama yang sama.

Untuk menampilkan sebuah nilai atau isi dari variabel,kita bisa gunakan perintah echo atau print.

<?php
   $a='Hellow World PHP';
   $nilai=100;
  
   print $a; 
   echo $nilai;
?>

Post a Comment

0 Comments