Iklan 728x90

Menampilkan File yang Hidden akibat Virus Shortcut

Mungkin kita pernah mengalami kehilangan data akibat virus shortcut yang menginfeksi flashdisk kita, bisa juga data yang ada pada hardisk komputer tiba tiba menghilang. Namun yang terlihat adalah folder shortcut yang berukuran kecil dan beberapa file yang berada di luar folder.

Virus shortcut biasanya sering menyerang flashdisk, akibat dari menukar file lewat flashdisk sehingga dengan mudah virus masuk ke dalam flashdisk kita. 

File yang terbentuk menyerupai shotrcut dan jika di klik virus tersebut semakin banyak dan menyebar, dan lebih parah file asli akan di hidden sehingga kita tidak bisa membuka file yang akan kita pakai.

Cara untuk menampilkan file hidden akibat virus shorcut
Bukalah menu command prompt atau dengan menekan tombol shortcut keyboar (Win + R) atau jika kita melalui menu Windows Start > Run ketik cmd, atau bisa juga dengan memilih menu Start > All Program > Accessories > Command Prompt.


Misalnya kita mau menampilkan file di direktori D: kita langsung ketikkan di command prompt ketik d: maka command prompt akan pindah ke direktori d

Setelah cmd berada pada direktori d, ketikkan perintah seperti berikut attrib –s –h *.* /S /D lalu tekan enter.
Keterangan  :
-s : berfungsi untuk menghilangkan attrib tipe sistem file.
-h : untuk menghilangkan attrib tipe hidden file.
*.* : semua file/folder yang terdapat pada flashdisk atau hardisk anda.
/s : untuk memproses seluruh folder dan sub folder
/d : memproses folder

Setelah proses selesai, file sudah bisa ditampilkan dan jangan lupa menghapus file berekstensi .exe mudah-mudahan berhasil, Semoga berguna....


Post a Comment

0 Comments