Iklan 728x90

Kegunaan File index.html dan Fungsinya


index.html merupakan sebuah file yang menjadi indek dari sebuah website. File ini secara otomatis di buka pertama kali saat kita mengakses sebuah alamat domain website. Jika file index.html ini tidak ada maka yang akan di tampilkan pada sebuah halaman website adalah file-file lain atau bisa dalam bentuk folder. Jika saya ingin mengakses halaman namadomain.com/data/, jika folder data pada namadomain.com tidak memiliki index.html maka saya bisa melihat semua isi dalam folder data.


Letak file index.html

File index.html terletak pada direktory utama di sebuah halaman website, file index html juga harus ada pada setiap direktory dan sub direktory di dalam sebuah website. Hal ini di lakukan sebagai pengamanan agar website lebih aman dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Isi dari file index.html

Sebuah file index.html dalam direktory root biasanya berisi tampilan halaman utama dari sebuah website saat website pertama kali di buka. File ini berisi script yang berisi link ke halaman web selanjutnya, di dalam sebuah website dinamis index.html menjadi sangat kompleks jika di bandingkan dengan website statis. File index.html akan selalu di tampilkan jika seseorang mengakses halaman utama maupun sub direktorinya sehingga pengguna tidak akan bisa membaca isi dari website tersebut yang bisa menjadikan celah keamanan menjadi terbuka.

Jenis jenis file index.html


Ada beberapa macam nama file yang bisa digunakan untuk file indeks dari sebuah website :
  • index.html
  • index.htm (sama seperti html, namun html lebih banyak dipakai)
  • index.php (digunakan jika file index berisi script php)
  • default.htm (di gunakan pada server windows)
Dari beberapa file di atas yang sering di pakai adalah file index.html, namun jika di dalamnya terkandung script php maka ekstensi file harus memakai nama index.php

Berikut ini contoh file index.html misalnya saat posting pertama kali 

 <!DOCTYPE html>    
 <html>    
 <head>  
 <title>Hello World</title>  
 </head>  
 <body>  
 <div style="text-align:center;margin-top:100px;">  
 <h1>ini halaman web pertama saya<br/>   
 </div>  
 </body>    
 </html>

Cara Membuat file index.html

Untuk membuat file index.html cukup mudah menggunakan aplikasi text editor seperti notepad atau notepad++ untuk windows. Namun jika menggunakan sistem operasi Linux ada banyak sekali pilihan teks editor bisa anda cari tutorial di internet. Cukup sampai disini artikel kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba...



Post a Comment

0 Comments