Iklan 728x90

Memblokir ping paket ICMP dari klien ke Mikrotik

Internet Control Message Protocol (ICMP) merupakan salah satu dari bagian protokol internet, ICMP digunakan untuk menganalisa jaringan seperti perintah ping dan traceroute.
Misalkan kita melakukan perintah ping dari komputer A mengirimkan echo request di tujukan ke komputer B kemudian akan di balas dengan echo replay. Komputer A akan menghitung lama waktu antara pengiriman ICMP request dan penerimaan ICMP reply dari komputer B.
Demi menjaga keamanan router yang kita gunakan hendaknya klient yang melakukan ping ke router harus kita matikan, untuk menjaga agar resource yang ada pada router tidak terpakai secara percuma untuk melayani paket ICMP dari klent.
Nah berikut ini langkah konfigurasi memblokir ICMP request dari klient
1. Masuk ke menu IP ---> Firewall
Pilih Tab Filter Rules Kemudian Klik + dan setting.

- Chain Input (Paket yang masuk ke Router)
- Protokol ICMP (Paket PING)
- In. Interface Ether2 (sumber ping dari klient ke Router)


2. masuk ke Tab action
- Action pilih Drop (Packet yang masuk ke Router akan di Buang)


Nah dari konfigurasi di atas semua paket ICMP dari klient yang terhubung melalui interface ether2 akan di tutup. Paramater ini bisa kita ubah dengan menggunakan IP address tertentu yang ingin di blokir dengan mengisi parameter Source Address. Nah demikian konfigurasi kita kali ini semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, semoga berguna....

Post a Comment

0 Comments