Iklan 728x90

Setting Walled Garden Hotspot di Mikrotik


Secara umum walled garden adalah sebuah layanan yang bersifat khusus yang diberikan pada pelanggan. Dalam konfigurasi hotspot mikrotik, di gunakan agar user bisa mengakses kontent atau website tertentu tanpa memerlukan proses authentifikasi pada layanan hotspot. Saat setting walled garden kita bisa membypass akses jaringan dari luar publik sehingga koneksi seperti website, ftp, dns, atau ip lainnya bisa kita arahkan langsung tidak memerlukan proses autentikasi.

User yang belum melakukan proses autentikasi tapi bisa mengakses website tertentu, dalam hal ini bisa mengunakan walled garden. Misal, akses web yang saya setting bisa membuka website "www.detik.com"

Langkah konfigurasinya
Pilih IP >> Hotspot >> Walled Garden. Kemudian pada parameter Dst.Host isikan *detik.com dan pada Action, pilih allow.


IP-Walled Garden 
Fungsinya hampir sama seperti Walled Garden namun akan lebih sepesifik karena akan membypass terhadap protocol dan port tertentu, biasanya di gunakan untuk akses server local yang tidak memerlukan autentifikasi. 
Misalnya kita melakukan bypass terhadap server yang memakai protokol tcp dan tujuan port 20-21 (FTP)

Adakalanya kita harus menggunakan ip karena dalam beberapa kasus website yang dibypass berdasarkan host, biasanya tidak berjalan. Kita bisa memakai koneksi ip tertentu pada IP Walled Garden digunakan untuk akses website jaringan publik dengan menambahkan alamat dst address.


Jika setting walled garden ip-list sudah dikonfigurasi, maka rule tersebut akan masuk secara dynamic pada menu walled garden. Sehingga alamat website detik.com akan langsung bisa diakses tanpa memerlukan proses autentifikasi di service hotspot.

Demikian artikel tentang walled garden semoga sedikit menambah pengetahuan kita tentang mikrotik jika ada saran dan pertanyaan silahkan di tuliskan di kolom komentar. Semoga berguna..


Post a Comment

1 Comments

  1. Saya coba pake hp, ndak bs membypass itu gmn yak?
    Tp kalo dr lepi bisa

    ReplyDelete