Iklan 728x90

Tips Meningkatkan Penjualan


Bagi pelaku bisnis pasti menginginkan penjualan barang dan jasa yang optimal dan menghasilkan profit yang sesuai target yang di rencanakan. Untuk mencapai hal seperti itu di butuhkan strategi yang matang dan terencana. Keberhasilan dari aktifitas penjualan membutuhkan proses yang cukup lama tidak hanya singkat untuk meraih keberhasilan, jika usaha yang di rilis tidak sesuai dengan harapan pasti ada strategi kurang tepat.

Sebagai seorang pengusaha penjualan suatu produk harus memiliki strategi yang jitu, nah strategi ini akan saya ulas dalam artikel ini.

1. Mengetahui target pasar
Mengetahui target pasar sangat penting, pastikan anda melakukan survei kecil kecilan untuk mengetahui target pasar. Lokasi tempat usaha sebaiknya mendekati target pasar yang sudah anda terapkan. Buatlah daftar barang yang akan di jual namun perlu di perhatikan jika target pasar anda terlalu kecil maka keuntungan yang di dapat juga kecil pilih target pasar yang luas.

2. Memasukkan produk di online store
Akan lebih baik jika suatu produk dimasukkan ke dalam online store, dengan adanya online store maka target pasar kita akan semakin luas dan dapat meningkatkan omset penjualan. Bisa juga anda membuat website untuk memasarkan produk anda sehingga akan lebih di kenal, sering sekali orang mencari produk melalui mesin pencari biasanya yang dilakukan customer saat ingin membeli sebuah produk adalah mencarinya lewat mesin pencari. Website yang menarik dapat membuat bisnis anda terlihat profesional, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Sosial media yang anda gunakan harus terhubung dengan Website yang telah di buat.

3. Tidak melupakan pelanggan lama
Mendapatkan pelanggan baru merupakan suatu keharusan, namun pelanggan lama jangan di lupakan menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama akan meningkatkan penjualan karena marketing bisa datang dari mulut ke mulut. Pelanggan lama umumnya sudah mengenal produk anda dari kenalan atau sahabat mereka merekomendasikan produk anda, ini sangat bermanfaat anda bisa menbuat konsumen anda menjadi seorang Brand Ambassador. Kita bisa memberikan diskon khusus jika mereka merekomendasikan produk anda ke masyarakat luas.

4. Mengembangkan sikap kompetitif
produk yang di jual harus memiliki tingakta kompetitif di pasaran, bisa dari segi kualitas dan harga yang di tetapkan. Jika produk tidak memiliki nilai kompetitif tidak akan laku di pasaran, selalu mengembangkan produk yang lebih baik agar tidak di tiru oleh orang lain. Sehingga customer mengetahui produk anda dan mana yang bukan produk anda, jika pesaing memiliki produk yang di buat mirip.

5. Terus belajar tentang strategi pemasaran
Setiap pengusaha harus selalu belajar marketing, bisa melalui media sosial ataupun searching di mesin pencari. strategi pemasaran bukan dengan cara yang konvensional manfaatkan teknologi internet yang sudah berkembang cepat.

Bahan bacaan dari para praktisi digital marketing dengan mudah bisa kita temui di situs blog dan media dengan menjcari melalui mesin pencari.Meningkatkan omset penjualan adalah sebuah hal yang harus kita terapkan dengan strategi kusus. Jangan biarkan omzet penjualan turun, semakin lama usaha Anda akan gulung tikar. Jadi sebelum omzet usaha turun lebih dalam lagi, cobalah perbaiki dari sekarang.



Post a Comment

0 Comments