Iklan 728x90

Cara Sharing File Folder dan Drive di Windows 7,8,10


Saat kita ingin berbagi file maupun drive antar komputer yang terhubung ke dalam jaringan sangatlah berguna bisa membuat efektifitas dalam bekerja terlebih sharing data sangat di butuhkan. Bisa kita bayangkan dalam lingkup kantor kita berada di lantai satu kita ingin mengirim file atau data di lantai tiga, kalau data tidak kita share maka kita harus naik turun untuk mengirim file dengan flahdisk, agar lebih efektif kita bisa lakukan share data dalam jaringan. 
itulah beberapa manfaat sharing file dan folder saya akan membagikan kepada anda bagaimana caranya sharing file dan folder di dalam jaringan, ini bisa kita lakukan baik jaringan kabel maupun non kabel (wireless) dengan berbeda network IP Address tentunya.
Pada praktik ini saya asumsikan komputer A dengan ip address 192.168.1.1 dan komputer B  dengan ip address 192.168.1.2 sudah saling terhubung antara komputer A akan berbagi file/folder dan juga disk drive kepada komputer B. Pastikan anda sudah bisa setting IP Address untuk memberi alamat IP masing masing komputer.
Pada tutorial ini saya menggunakan sistem operasi windows 7, jika anda pengguna windows 8 atau 8.1 tidak akan berbeda jauh sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan langkah-langkah di bawah ini. 
Cara sharing Data di Windows

1. Buka Windows Explorer, pilih dulu folder mana yang ingin kamu share. Kemudian klik kanan pilih share with > Specific people.


2. Akan muncul jendela file sharing. Di ini tambahkan user Everyone, kemudian klik Add. Setelah user Everyone masuk dalam daftar klik share.



Cara sharing drive di windows 

1. Tentukan terlebih dahulu drive mana yang ingin di share.

klik kanan pada drive yang akan dishare, kemudian pilih share with > advanced sharing.


2. Akan terbuka jendela properties klik tab sharing. Kemudian klik Advanced sharing.



4. Klik tombol add jika ingin menambahkan user atau grup, sebenarnya bisa pilih Everyone karena sudah mencakup semua. 


5. Kembali lagi ke jendela properties klik ke tab security. Lalu klik tombol edit untuk menambah user dan mengatur permissions.


Pengecekan

Untuk melihat hasil share komputer A dan akan kita lihat di komputer B. Pada komputer B ketikkan  192.168.1.1 pada address bar nanti akan muncul hasil share dari komputer A.


Bisa juga kita buka menu Run dengan cara tekan tombol kombinasi Windows + R lalu isikan alamat IP \\192.168.1.1 dari komputer B.


Nah demikian artikel kali ini tentang cara sharing file/folder dan drive, semoga artikel kali ini dapat menambah pengetahuan anda, Semoga berguna..



Post a Comment

2 Comments