Header Ads

Cara Blokir Pengguna WiFi dengan Router TP LINK



Bagi anda yang mempunyai akses WiFi di rumah yang kenetulan menggunakan merk TP-LINK saya akan memberikan tips bagaimana memblokir akses WiFi yang sedang di pakai oeleh orang lain. Meskipun WiFi telah terproteksi dengan metode WPA2 kadang ada yang iseng tanya tanya password agar bisa memakai jaringan WiFi kita. Mungkin password WiFi bisa kita ganti, namunkalo terus terusan ganti lumayan ribet juga.

Metode yang di gunakan adalah memakai mac address, jadi mac address yang di perbolehkan kita masukkan ke setingan WiFi router kita mana yang di perbolehkan dan mana yang tidak di perbolehkan. Sebagai contoh untuk mengetahui alamat mac address pada komputer bisa kita buka command promt dos (CMD) dengan menekan tombol kombinasi windows dan R, setelah command promt terbuka kita ketikan perintah 
ipconfig /all 


Perangkat seperti smart phone juga memiliki alamat mac address, anda bisa cari sendiri tutorial yang membahas hal itu. Disini saya tunjukkan untuk laptop akan terlihat alamat mac address (pysical address) menggunakancommand promt, nah setelah pysical address diketahui selanjutnya kita buka setingan WiFi router kita dengan mengetikan alamat default 192.168.1.1, isikan username dan password defaultnya gunakan admin dan admin.


Setelah itu buka menu Interface Setup > Wireless, geser halaman paling bawah dan anda akan menemukan “Wireless MAC Address Filter” dalam keadaan nonaktif, silahkan ubah dari Deactivated menjadi Activated.


Ada dua jenis asosiasi yang bisa disetting, yaitu hanya perangkat yang MAC addressnya dikenal dan boleh terhubung ke WiFi (Allow Association) atau memblokir akses untuk semua perangkat yang terdeteksi MAC addressnya (Deny Association). Kalau sudah selesai mengisikannya maka klik saja Save, cukup mudah bukan selamat mencoba. 

No comments

Powered by Blogger.