Iklan 728x90

Cara Blokir Game di Mikrotik di Jam Tertentu



Bermain game mobile legend merupakan hal yang menyenangkan, namun gimana jika bermain game saat jam kerja di kantor tentu sangat menggannggu pekerjaan dan membuang waktu, atau bisa juga di sekolah agar murid tidak bermain main game pada waktu jam pelajaran. Kita sebagai administrator jaringan di perintahkan agar akses game harus di blokir agar tidak jilankan di jam tertentu sehingga tidak mengganggu semua aktifiktas yang ada di kantor atau di sekolah.

Kali ini akan di bahas artikel tentang memblokir game mobile legend atau sejenisnya di jam jam tertentu menggunakan mikrotik, jam jam yang di blokir yakni hari senin-jum'at mulai jam 08.00-17.00. Ada 2 cara untuk mendapatkan port game dan protocol game tersebut.

1. Pertama, dengan melakukan Torch pada saat client menjalankan game tersebut. Sehingga akan didapat port dan protocol yang digunakan.

2. Kedua teman-teman bisa browsing di internet mengenai port-port game online, informasi yang disediakan biasanya lengkap, beserta port dan protocolnya.



Saat Torch di jalankan terlihat berbagai port yang di pakai oleh aplikasi game tersebut, nah port inilah yang akan kita blokir menggunakan IP Firewall.

Berikut langkah langkahnya:
1. Buka menu IP --> Firewall --> Filter Rules --> +



Klik Tab Action


Kita bisa melihat list IP server mobile legend yang sudah kita blokir tadi, pada menu IP--> Firewall --> Address List.


2. Langkah selanjutnya memblokir berdasarkan waktu, Buka menu 
IP --> Firewall --> Filter Rules --> +



Klik Tab Extra

Klik Tab Action



Nah cukup mudah bukan tinggal anda praktekkan, jika ada kekurangan dari langkah langkah di atas bisa anda komentari melalui kolom komentar, semoga berguna..

Post a Comment

0 Comments