Header Ads

Pengertian Port SFP (Small Form-Factor Pluggable)



Dalam komunikasi menggunakan Fiber Optic menggunakan SFP merupakan kependekan dari Small Form-Factor Pluggable. SFP merupakan modul perangkat yang men-transmitte dan me-receive sinyal informasi menggunakan serat optik. SFP pengembangan dari Gigabit Interface Converter (GBIC) disebut juga mini-GBIC. GBIC merupakan suatu port yang dikhususkan untuk berkomunikasi dengan jaringan backbone dengan bandwidth yang besar. 

Jneis jenis SFP antara lain

1. SX, panjang maksimum 550 meter pada kecepatan 1,25 Gbits/s
2. LX, panjang maksimum 10 km
3. EX, panjang maksimum 40 km
4. ZX, panjang maksimum 80 km
5. EZX, panjang maksimum 120 km

Modul SFP dapat digunakan pada Switch atau media Konverter dengan Slot SFP. SFP merupakan hot-pluggable, artinya perangkat ini akan otomatis mendeteksi saat dipasang di perangkat. Produk Mikrotik sudah memiliki port SFP untuk seri Routerboardnya, seperti pada Cloud Core Router Series, Cloud Router Switch Series, RB 2011UiAS-2HND, dll

XFP dan SFP+ untuk 10 Gigabits


Untuk menangani kapasitas bandwidth yang lebih besar dari modul SFP bisa menggunakan XFP transceiver. Modul XFP ini bisa menangani speed hingga 10Gbps menggunakan koneksi fiber optic. Sementara modul SFP hanya bisa melayani sampai 4.25Gbps. Untuk pemasangan harus dipasangkan ke interface yang juga mendukung XFP, jadi tidak bisa dipasang pada switch yang mendukung SFP.

Modul 10G telah dikembangkan dari 300Pin. XENPAK, X2, XFP dan akhirnya mencapai dengan ukuran yang sama dengan SFP, yang dapat mengirimkan sinyal 10G disebut SFP +


Perbedaan Koneksi antara XFP and SFP+
1. Keduanya modul serat optik 10G dan dapat terhubung dengan jenis lain dari modul 10G.
2. Ukuran SFP + lebih kecil dari XFP, sehingga bergerak beberapa fungsi ke motherboard, termasuk fungsi modulasi sinyal, MAC, CDR dan EDC.
3. XFP dibuat berdasarkan standar XFP MSA
4. SFP + sesuai dengan protokol IEEE802.3ae, SFF-8431, SFF-8432.

5. SFP + merupakan mainstream design

Sebuah switch seperti Cisco Catalyst 3750G memiliki 4 port SFP. Cara pemasangan cukup mudah masukkan modul SFP ini kedalam port yang sesuai dengan Switch setelah itu pasang kabel optic yang sudah jadi misal Multimode Duplex Fiber Optic Cable seperti gambar di bawah ini.



Biasanya ada dua macam model kabel jadi serat optic ini baik yang singlemode maupun yang multimode duplex untuk dua arah transmit dan receiver. contoh cable multimode optic duplex yang biasa dipakai untuk koneksi ke SFP transceiver.



No comments

Powered by Blogger.