Iklan 728x90

Tips Memilih Layanan Server Hosting



Bagi seorang blogger sangat penting untuk mendukung konsistensi sebuah blog maupun website agar lebih baik memberikan layanan terbaik bagi pengunjung blog. Nah layanan yang baik harus di dukung oleh fasilitas yang memadai agar sebuah blog tidak sering down dan lebih mudah di akses oleh pengunjung. 

Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas sebuah website ataupun blog yakni server hosting. Penyedia jasa layanan hosting banyak memberikan fasilitas penunjang namun belum tentu spesifikasi yang di tawarkan tidak sesuai dengan realita yang ada.

Artikel ini akan membahas tentang tips memilih layanan server hosting yang berkualitas namun dengan harga yang cukup terjangkau. Fitur apa saja yang ada pada jasa server hosting yang mungkin belum anda ketahui akan kami bahas disini.

Kenapa harus memilih hosting

Hosting merupakan sebuah rumah bagi suatu website maupun blog, Hosting di dalamnya terdiri dari sekumpulan server yang di bagi bagai menjadi beberapa server virtual dengan sistem operasi khusus seperti berbsais linux. Hosting ini berfungsi menyimpan file website kita sehingga bisa di akses ke seluruh dunia dengan menggunakan sebuah domain.

Hosting akan selalu online 24 jam nonstop tanpa berhenti sehingga website maupun blog kita akan selalu online dan bisa di akses oleh pengunjung.

Berikut beberapa tips yang perlu di perhatikan dalam pemilihan server hosting

Kapasitas Disk Space
Kapasitas media penyimpanan seperti hardisk (Disk Spacce) harus di perhatikan guna menunjang data data webiste, tulisan, file gambar dll. Anda perlu memikirkan kapasitas disk space jangan sampai data data pada suatu website melebihi kapasitas disk space sehingga data tersebut tidak bisa tertampung.

Biasanya perusahaan jasa Hosting menawarkan Disk Space yang unlimited jangan selalu percaya mungkin itu hanya untuk menarik pelanggan agar memilih hosting mereka. Mana mungkin media penyimpanan bisa unlimited pasti akan memiliki kapasitas yang terbatas.

Biasanya suatu space penyimpanan pada hosting jika penuh akan di tambah lagi hardisk baru untuk menampung file hosting yang sebelumnya sudah ada agar kapasitas disk space bisa bertambah, kemungkinan seperti itu

Kapasitas Bandwidth
Kapasitas bandwidth sangat penting agar pengunjung bisa leluasa mengakses website, meskipun dengan trafik yang tinggi akan selalu terlayani. Jika bandwidth tidak mencukupi maka sebuah website akan susah untuk di akses dan pastinya akan di tinggalkan oleh pengunjung.

Intinya bandwidth adalah kapasitas yang di berikan oleh penyedia jasa hosting mengenai jumlah trafik data yang di download oleh pengunjung website.

Add On Domain
add on domain merupakan fitur yang memungkinkan anda menggunakan 1 hosting untuk beberapa domain. Jadi anda tidak perlu menyewa hosting lagi untuk website anda, sehingga fitur ini akan lebih hemat tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Namun saya sarankan anda memilih 1 hosting untuk satu domain agar website anda tidak mudah down. 

Softaculous Support
Softaculous merupakan sebuah sofware untuk melakukan instalasi aplikasi CMS seperti Wordpress,  Joomla, Drupal dll. Bagi anda yang tidak bisa menjalankan sistem operasi linux bisa menggunakan Softaculous untuk menginstal aplikasi CMS (Content Manajemen System). Seperti konfigurasi database MySql untuk CMS akan lebih mudah menggunakan Softaculous karena tersedia user interface berbasis GUI yang lebih mudah.

Gratis Domain
Domain berfungsi untuk menterjemahkan nama webiste ke sebuah alamta IP Address komputer, nah komputer ini adalah sebuah server hosting tadi agar bisa di akses ke seluruh dunia. Biasanya dalam menyewa sebuah hosting akan di berikan domain gratis dengan masa tenggang satu tahun. Selebihnya harus membayar lagi untuk perpanjangan domain.

Jumlah Akun Email
menediakan fasilitas akun email bagi pemilik website misalnya admin@domainku.com, nah alamat email seperti itu akan terlihat lebih profesional dan mmeiliki kepercayaan terhadap pengunjung blog.
Tentunya anda harus mempertimbangkan penyedia jasa hosting yang mampu memberikan layanan seperti itu.

Jumlah Subdomain
Sebuah domain pasti memiliki sebuah sub domain misalnya detik.com akan memiliki sub domain seperti bola.detik.com nah subdomain seperti itu sangat penting bagi sebuah website untuk memilah jenis content berita yang di tampilkan.

Support SSL
Fitur SSL akan lebih aman dalam mengakses sebuah website, pastikan jasa hosting memiliki fitur keamanan enkripsi seperti SSL (Secure Socket Layer). SSL akan mendukung aplikasi HTTPS dalam komunikasi data pada protocol TCP. Menggunakan fitur SSL akan meningkatkan kepercayaan pada pengunjung website karena lebih aman sehingga data data pengunjung tidak bisa di lacak.

Dukungan Teknis 24/7
Service atau layanan teknis sangat menunjang demi kelancaran website yang ada, Service harus siap 24 jam dalam 7 hari untuk monitoring website yang di kelola oleh jasa hosting. Sebaiknya pilih layanan penyedia hosting yang memiliki customer services yang ramah dan mendukung layanan teknis.

Memeiliki fitur CPanel
Fitur CPanel sangat penting untuk melihat keadaan server kita, mulai dari processor, Ram, Hardisk Dll. CPanel akan memudahkan kita meng control website kita karena memiliki desain interface berbasis web base yang sangat mudah untuk di jalankan.

Harga bersaing
Pilih harga yang wajar sesuai dengan spesifikasi yang di tawarkan oleh penyedia jasa hosting, sebelum meyewa hosting ada baiknya anda bandingkan dahulu dengan hosting yang lain dengan spesikasi yang sama tentunya dengan harga yang sedikit sama pula.

Testimoni
Lihat testimoni yang di berikan oleh pelanggan kepada jasa hosting tersebut apakah baik atau buruk. Jika kebanyakan testimoni tersebut banyak yang puas bisa di pastikan hosting tersebut memiliki produk yang baik. Pilih lah testimini yang asli jangan yang palsu, karena testomoni bisa juga dibuat buat untuk meyakinkan pelanggan.

Garansi
Pilih hosting yang memberikan garansi layanan bagi website anda, jika sewaktu waktu website mengalami trouble masih bisa di klaim karena menjadi tanggung jawab penyedia Hosting.

Uptime Server
Uptime server adalah kecepatan server dalam menanggapi pengunjung yang membuka halaman website Anda. Semakin besar angka uptime servernya, semakin baik kinerja server hosting tersebut.
Jika website di akses meiliki uptime yang rendah maka di pastikan pengunjung akan meninggalkan website kita.

Memilih Lokasi Server
Jika pengunjung anda rata rata berasal dari Indonesia anda bisa memilih server lokal indonesia, bisa juga memeilih server singapore kenapa harus seperti itu. Perlu di ketahui letak server akan mempengaruhi lama akses sebuah website, respon yang dimiliki server yang terdekat dengan pengunjung webiste akan lebih cepat jika memakai server dengan lokasi yang jauh.

Upgrade Server
Pastikan jasa hosting menyediakan upgrade server, untuk menunjang kebutuhan layanan hosting, semakin baik server yang ada maka akan semakin baik pula akses website ke sebuah hosting. Jika pengunjung website sudah meningkat pesat bisa di pastikan kita harus upgrade server agar tidak sering down karena tidak sesuai dengan kebutuhan pengunjung yang semakin tinggi.

Jumlah Pelanggan
Memiliki jumlah pelanggan yang lumayan banyak, pelanggan yang banyak berarti hosting tersebut memiliki reputasi yang baik karena klient banyak tertarik menyewa jasa hosting tersebut. Pelanggan yang banyak jangan sampai mempengaruhi akses server hosting karena kelebihan beban trafik yang tinggi. Trafik yang tinggi harus bisa di atasi agar tidak terjadi down bagi pemilik website sehingga situs mereka dalam kondisi baik.

Memiliki Layanan Backup dan Restore
Memiliki layanan backup dan restore, sehingga data data dalam website akan semakin aman karena sudah di backup secara otomatis oleh penyedia jasa hosting. Data yang hilang masih bisa di cari pada file backup kemudian di restore (di kembalikan).

Dari pembahasan di atas anda pasti bisa memilih jasa hosting yang baik, bisa anda mencari di internet dengan membandingkan kualitas layanan hosting tersebut. Jika anda punya tips yang lebih menarik bisa di tulis di kolom komentar demi pengembangan artikel ini lebih baik lagi, semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments