Header Ads

Cara Login Hotspot Menggunakan Mac Address di Mikrotik


Hotspot merupakan fitur yang sering di gunakan untuk mengelola jaringan terutama menggunakan koneksi secara wireless di area publik. Fitur ini merupakan keunggulan dari fitur mikrotik yang sering di pakai banyak orang. Macam macam konfigurasi yang ada pada fitur hotspot menjadi daya tarik tersendiri bagi admin jaringan dalam monitoring user yang menggunakan akses wireless hotspot.

Artikel ini akan membahas tentang fitur hotspot yakni melakukan login hotspot menggunakan mac address pada perangkat client. Sebenarnya fitur ini mirip seperti IP Binding ketika client sudah terkoneksi ke jaringan maka tidak memerlukan proses autentikasi user dan password.

Pertama tama yang harus anda konfigurasi masuk pada tab "Server Profile" dan masuk Tab Login
Silahkan pilih opsi 'MAC' pada parameter 'Login by'. Setelah memilih opsi tersebut kita akan mengaktifkan parameter MAC Auth Mode. Dan kita pilih 'MAC as Username and Password'.


Setelah itu kita masuk pada Tab "User" untuk membuat Acount Hotspot, Berdasarkan konfigurasi diatas kita akan menggunakan MAC Address client sebagai username dan password.


Sampai konfigurasi ini maka ketika Client terkoneksi ke jaringan Hotspot dengan Mac address yang sudah di masukkan pada menu user, maka secara otomatis client langsung terkoneksi tanpa memasukkan user dan password lagi.

No comments

Powered by Blogger.