Iklan 728x90

Cara Menggunakan Tool IP Scan di Mikrotik



Ada kalanya kita ingin melihat berapa banyak host yang terkoneksi dengan mikrotik kita, di Mikrotik terdapat fitur tool IP Scan yang di gunakan untuk scaning pemindaian perangkat yang terhubung ke dalam jaringan. Beberapa cara yang bisa di lakukan dengan tool ip scan yakni menggunakan IP Prefix, IP Range, bisa juga berdasarkan interface yang terkoneksi dengan host tersebut.

misalkan saya sebagai admin jaringan ingin mengetahui berapa banyak perangkat yang sedang online terhubung ke dalam jaringan, tidak mungkin saya harus ping satu persatu, apalagi jika IP address yang di gunakan menggunakan DHCP Server malah tidak tahu alamat ip yang di gunakan oleh host tersebut.

Untuk mengetahuinya, kita gunakan Tool IP Scan untuk melakukan scan IP pada network. Hasilnya akan diketahui IP berapa saja yang online aktif beserta perangkat nya (berdasarkan SNMP name dan Netbios name). 

Berikut langkah langkahnya.
1. Login mikrotik menggunakan winbox
2. Masuk ke menu Tools--> IP Scan
3. Ada dua pilihan untuk melakukan Scan berdasarkan IP address dan Interface yang terhubung.
Berikut scaning berdasarkan jenis interface



Berikut jenis scaning berdasarkan Prefix


Penggunaan IP Scan berdasarkan Range IP Address


Gabungan penggunaan interface dan IP address


Intinya kita bisa mencari tau perangkat mana saja yang terkoneksi di jaringan dan berapa IP Address yang di gunakan, kita bisa melihatnya secara langsung menggunakan Tool IP Scan. Semoga tutorial ini berguna bagi anda,selamat mencoba.

Post a Comment

0 Comments