Header Ads

Blok Situs Menggunakan Address List Mikrotik



Postingan kali ini akan membahas tentang bagaimana kita memblokir situs dengan menggunakan address list. Dalan konfigurasi kali ini kite akan mengelompokkan alamat IP yang ingin kita blokir pada filter rules di IP Firewall. Biasanya suatu web memiliki banyak IP lebih dari satu, maka kita perlu memasukkan IP Tersebut ke dalam address list.

Konsep dasar firewall di mikrotik
Firewall merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memeriksa dan menentukan paket data yang melewati router apakah packet data tersebut di perbolehkan atau di tolak. Firewall berfungsi melakukan filter packet data yang masuk ke jaringan LAN maupun yang ke luar ke jaringan internet. 

Konsep firewall yang ada di mikrotik sebenarnya hampir sama dengan yang ada di LINUX. Firewall memiliki beberapa macam chain di antaranya: (input,forward,output, postrouting, prerouting). Untuk memanipulasi packet filter data yang masuk maupun keluar kita gunakan chain input,forward dan output.

Berikut ini langkah konfigurasinya
1. klik menu ip --> firewall --> Address list -->+



2. klik menu ip --> firewall --> filter rule --> +



klik Tab advance

klik Tab action

setelah konfigurasi selesai silahkan buka situs web www.detik.com kemungkinan akan terblokir, jika belum terblokir tambahkan IP detik yang lain. Sekian semoga tutorial ini berguna bagi anda, selamat mencoba

No comments

Powered by Blogger.