Iklan 728x90

Mengatasi Masalah Modem Speedy IndiHome Fiber Internet Mati




Bagi anda yang pernah merasakan gangguan jaringan pada modem Indihome maupun Speedy merupakan hal yang umum terjadi pada pengguna internet dari telkom ini. Gangguan ada bermacam macam faktor bisa dari link jaringan, kabel putus, konektor fiber ke perangkat ODP kurang baik atau berupa gangguan dari jaringan telkom itu sendiri.

Misalnya gangguan pada modem indihome speedy yang masih menggunakan jaringan tembaga berupa lampu internet berwarna merah, lampu internet mati, atau lampu indikator ADSL mati.

Perlu anda ketahui syarat wajib bagi pengguna internet Indihome Fiber dan Speedy agar bisa terkoneksi ke internet adalah sebagai berikut.

Modem Speedy / IndiHome kabel Tembaga.
1. Konfigurasi modem benar
2. Lampu indikator power on/off menyala
3. Lampu indikator ADSL / DSL menyala normal
4. Lampu internet menyala normal, berkedip jika ada aktifitas Browsing
5. Lampu WiFi menyala jika memakai jaringan Wireless
6. Lampu Lan menyala jika memakai jaringan kabel Lan

Modem IndiHome Fiber Optik.
1. Setingan Modem GPON harus benar
2. Lampu Los menyala normal
3. Lampu indikator PON / AUTH menyala normal.
4. Lampu indikator internet menyala normal
5. Lampu idikator Lan menyala jika menggunakan akses internet menggunakan kabel LAN
6. Lampu indikator Wireles LAN menyala jika menggunakan akses internet WiFi

Cara Mengatasi Masalah Internet Mati Pada Modem Speedy Kabel Tembaga.

Internet mati dengan Indikator Lampu.
DSL / ADSL normal tetapi lampu Internet menyala terus (tidak berkedip).
DSL / ADSL normal tetapi lampu indikator internet mati.

Penyebabnya adalah setingan pada kode lokasi VPI dan VCI salah atau default route pada setingan modem speedy tidak aktif. Sebenarnya setingan lokasi VPI/VCI itu sudah default aktif di dalam setingan modem kita tinggal merubah atau mengisikan username password dari telkom contohnya di bawah ini.



Cara Mengatasi
cek kembali pastikan kode VPI/VCI sesuai dengan area daerah anda, cek default route dalam kondisi aktif.

Internet Mati.
Lampu DSL / ADSL Normal, namun lampu internet berwarna merah.
Biasanya link kabel internet kurang baik, letak pada sambungan, internet menjadi tidak berjalan normal kabel yang kurang baik rentan terhadap kondisi cuaca kususnya saat musim hujan.

Cara Mengatasinya
1. Cek sambungan dari perangkat anda ke kabel telkom apakah kondisi kabel sudah cukup baik, pastingan kondisi splitter dan sambungan dalam kondisi baik. 
2. Cek port LAN pada modem silahkan ganti ke port LAN yang lain 
3. Mengganti Splitter
4. Jangan dekatkan Modem dengan telpon rumah, interverensi telpon rumah bisa juga menjadi penyebab gangguan. Pastikan telpon dan Modem jaraknya berjauhan.
5. Setelah kondisi jaringan kebel dan lain lain selesai di cek matikan Modem dan hidupkan ulang.

Internet Mati dengan kondisi.
Lampu DSL / ADSL mati.

Penyebabnya bisa terjadi gangguan pada line kabel jaringan putus atau kondisi jaringan ADSL buruk.

Cara Mengatasi.
1. Cek telpon ke 147 jaringan telpon jernih apa tidak, jika buruk ini bisa menjadi indikator
2. Cek kabel telpon ke jaringan kabel telkom kondisi apa putus
3. Ganti Splitter jika perlu dari modem tanpa menggunakan splitter
4. Jangan dekatkan telpon rumah ke Modem interverensi bisa berpengaruh pernah saya alami

Internet Mati tidak terkoneksi dengan kondisi.
1. Lampu Power normal.
2. Lampu ADSL normal.
3. Lampu Internet normal (tidak berkedip).
4. Lampu Auth / Pon normal.
5. Lampu Link / Los normal (tidak berwarna merah).
6. Lampu Lan menyala normal.
7. Lampu Wlan menyala normal.

Jika kondisi seperti di atas sebetulnya dalam kondisi normal, silahkan restart modem anda dengan mematikan dan menghidupkan ulang. kemungkinan modem tidak mendapatkan alamat IP atau lease time IP DHCP sudah habis. Dengan merestart modem maka Modem akan meminta ulang alamat IP dari jaringan internet telkom. Biasanya perpindahan IP dynamic juga berpengaruh pada kondisi jaringan internet.

Indikator modem Indihome Fiber berjalan dengan normal sebagai berikut.
1. Setingan Modem GPON harus benar.
2. Lampu indikator Power harus menyala.
3. Lampu indikator Link / Los harus menyala.
4. Lampu indikator Auth / Pon harus menyala.
5. Lampu indikator Internet harus menyala tidak berkedip, berkedip saat ada aktifitas browsing
6. Lampu LAN harus menyala jika ada Kabel LAN aktif terhubung.
7. Lampu Wireless LAN menyala jika koneksi melalui  perangkat Wireless.

itulah beberapa kondisi permasalahan yang umum di kenali pada modem Speedy dan Indihome Fiber jangan melakukan reset modem jika kondisi gangguna pada jaringan Link kabel. 

Demikian tutorial yang bisa saya sampaikan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah modem Speedy dan Indihome fiber

Post a Comment

26 Comments

  1. Lampu indikator yg nyala, power, pon, wifi, phone1,, lah lampu internetnya gak nyala,, gmn caranya? Biar lampu indikator internetnya nyala??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persis yang sedang saya alami... Ini penyebabnya apa y? Sdh bbrpa kali begini, trz harus nunggu teknisi datang utk meluruskan settingan kayanya.. Hhfftt

      Delete
    2. Saya juga sama kayak gitu juga lampu internetnya mati
      Itu kenapa ya ?

      Delete
  2. Apa karena ada gangguan atau memang modemnya yg bermaslah? Tlong kasih tau

    ReplyDelete
  3. Misalnya lampu LOS nyala merah dan berkedip itu apanya yg salah bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel FO dari klient bisa putus sehingga modem tidak bisa terhubung ke BOX ODP, atau sambungan kabel kurang sempurna

      Delete
    2. Sama ni, mgkin skr sudah normal ya jd kl boleh tw ap ya permasalahannya?

      Delete
  4. WiFi saya tiba-tiba mati terus saya coba tekan tombol on off nya tapi tidak mau nyala, lampu los, dan lainnya. apa mesinnya rusak!

    ReplyDelete
  5. Indihome benar2 pelayanannya burukk 3 hari internet tidak bisa di pakai. Harus sampai kapan menunggu perbaikannya..

    ReplyDelete
  6. Udah 3 hari ga bisa internetan.. pdhl lampu internetnya nyala. Bahkan tetangga2 aku juga ngalamin hal yg sama, sekota malahan. Tpi dibeberapa bagian udah di perbaiki. Entah di bagian kita kapan diperbaiki

    ReplyDelete
  7. Lampu internet mati, apakah gangguan ataukah gimana ?

    ReplyDelete
  8. klo lampu internetnya mati tp lampu modem nyala warna hijau tdk berkedip, itu knpaa yaa??
    Mohon direspon

    ReplyDelete
  9. Kejadian yang sama. Lampu internetnya mati. Gimana cara ngatasinya?

    ReplyDelete
  10. Sya pengguna IndiHome rumahan
    Di router nya lampu yg tertulis wifi
    Tidak menyala itu kenapa ya kaka
    Mohon infonya

    Ditambah lagi lampu power, PON, Internet, dan phone 1 nyala tapi lampu wifinya mati
    Itu kenapa ya kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga pada setingan wireless wifi di ubah menjai disable, menjadi non aktif

      Delete
  11. Kalo lampu internet mati.. biasanya apa penyebabnya ya? Udah 4 hari TDK pake wifi

    ReplyDelete
  12. Service.. Minta nomer orang lapangan. Lampu internet mati.
    Wilaya kec.susukan dsa tangkil

    ReplyDelete
  13. WiFi kenapa ga conek trus lampu internetnya mati

    ReplyDelete
  14. Kalau mati semua apa ya. Power sama smua indikator mati. Pdal arus listrik ada. Sering bgtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa adaptor nya gan.. coba ganti adaptor atau memang modem sudah rusak. indikator power mati berarti tidak ada arus listrik yang masuk ke modem.

      Delete
  15. Bang, kalo saya kemarin coba reboot di webnya terus sempet hilang terus bisa eh hilang lagi. Sinyalnya gk ada. Lampu internet kedap kedip? Apa blm byr indihome? Saya pernah byar indihome tgl 10an.. Tolong dibantu bang. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah mengalami, saat migrasi dulu dari tembaga ke fiber. Setingan konfigurasi tidak tersimpan pada sistemnya di telkom. Namun sama teknisi di perbaiki sampai sekarang lancar

      Delete
  16. lampu internet kedip apa normal atau gimana gn ?

    ReplyDelete
  17. Capek ruter wafi di rumah klu gak lampu los yg menyala merah/lampu internet yg mati.telp 147 3×seminggu.hbs di perbaiki 2 hr pasti mati gimana ini

    ReplyDelete