Iklan 728x90

Tips Merawat Laptop




Untuk membantu  bekerja anda pasti membutuhkan alat yang satu ini yakni laptop, semua pekerjaan seperti aplikasi office, pemrograman, desain grafis, desain arsitektur pasti membutuhkan laptop. Bukan hanya itu untuk membantu usaha misalnya toko online pasti anda juga membutuhkan, untuk memantau hasil jualan lewat internet. Itulah sebagian kecil kegunaan laptop, yang tentunya anda tidak mau barang berharga yang satu ini cepat rusak, dan data data yang tersimpan di dalamnya hilang. Nah untuk menjaga kerusakan yang tidak di inginkan saya akan membagikan beberapa tips untuk merawat laptop. 

Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan

1. Jangan lupa shutdown laptop untuk mematikannya
Laptop harus dimatikan jika tidak di perguanakn, hal ini bertujuan untuk mencegah kondisi laptop panas saat sedang tidak di pergunakan, pastikan selalu shutdown untuk mematikannya.

2. Perhatikan saat membawanya
Saat komputer sedang tidak di pergunakan pastikan anda kemas dimasukkan ke dalam tas saat di bawa bepergian usahakan dalam kondisi mati jangan stanby. Kondisi stanby sebenarnya hardisk laptop masih bekerja ini bisa menyebabkan kerusakan hardisk saat laptop di masukkan ke dalam tas. jangan terlalu banyak barang bawaan yang ada di dalam tas, karena beban tersebut akan menambah berat dan tekanan ke layar laptop dan menyebabkan kerusakan.

3. Install software anti virusKomputer laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet rawan terkena malware, spyware, ransomware sebaiknya laptop di tambahkan anti virus yang juga berfungsi sebagai firewall tambahan untuk mencegah hal tersebut, meskipun sistem opsrasi yang terinstall di dalamnya sudah di lengkapi dengan firewall. Anti virus bertujuan untuk menutupi kelemahan celah yang ada pada sistem operasi.

4.  Tidak sembarangan memilih software aplikasi
Software yang ingin anda install ke dalam sistem operasi laptop pilihlah yang benar benar aman, jangan sembarangan mengunduh software di internet dari situs yang tidak jelas. Meskipun software yang di unduh gratis pastikan tidak ada virus yang ikut dalam software tersebut.

5. Rutin update OS pada laptop
Melakukan update sistem operasi sangat di anjurkan, berguna untuk menutupi celah keamanan dari pembuat OS yang bersangkutan. Anti virus juga perlu di lakukan update, biasanya untuk urusan update akan secara otomatis bila komputer laptop kita terhubung ke jaringan internet. Memang update ini biasanya sangat mengganggu kita, namun jadwal update bisa kita setting sesuai kemauan kita.

6. Melepas aksesori laptop
Jika laptop tidak di pergunakan lepaslah charger yang tertancap ke saluran listrik jika kondisi batrei telah penuh. Mencabut aksesori laptop penting begitu laptop dalam kemasan seperti dimasukkan ke dalam tas, laptop maupun aksesori menjadi lebih awet.

7. Bersihkan laptop secara rutin
Bersihkan laptop minimal seminggu sekali, seperti membersihkan layar monitor dengan tisu basah, keuboard serta casing laptop. Celah celah ventilasi pendingin perlu juga di bersihkan dari debu yang menempel, debu bisa menghambat penghantar panas saat proses pendinginan processor.

8. Menjauhkan dari barang basah
Barang elektronik rawan sekali rusak jika terkena air, kandungan air dapat mengakibatkan konsleting terhadap komponen di dalamnya. Hindari menaruh barang basah yang dekat dengan laptop, jika terkena air maka proses perbaikan sangat sulit dan harus mengganti dengan komponen yang baru.

9. Jangan melepas batrei saat laptop di pergunakan
Batrei yang di lepas namun charger terpasang bisa merusak komponen laptop karena arus yang masuk tanpa melewati batrei sehingga bisa berpengaruh terhadap usia komponen elektronik pada laptop. 

10. Jangan sampai sisa arus listrik batrei 0%
Jika arus batrei sudah lemah usahakan laptop di amtikan dan segera di isi daya dengan charger, meskipun sebagian laptop akan otomatis mati sendiri sebelum daya batrei 0%.

11. Jangan menutup LCD setelah laptop di matikan
Cara ini berguna untuk menjaga sirkulasi panas yang ada pada celah celah keyboard, jika langsung di tutup panas akan merusak LCD, minimal tunggu sampai 30 menit.

Itulah beberapa tips yang bisa saya sampaikan, terima kasih telah membaca artikel ini semoga bisa berguna bagi pembaca sekalian dan bermanfaat bagi orang lain.

Post a Comment

0 Comments