Iklan 728x90

Jenis Prosesor Smartphone Terbaik Saat ini



Smartphone saat ini sudah di lengkapi dengan prosesor, namun tidak seperti pada PC prosesor pada smartphone menggunakan istilah  SoC atau System-on-Chip. Sebuah SoC gabungan dari berbagai macam komponen yang merupakan sebuah inti dari bagian smartphone. 

Saya ambil contoh prosesor buatan Qualcomm yang sering di sebut dengan Snapdragon terdiri dari berbagai komponen prosesor, Digital Signal Processor, modem untuk konektifitas, GPU sebagai pemroses grafis, fitur pengendali display, pengendali memori/RAM, pengendali penyimpanan data, fungsi GPS, ISP (Image Signal Processor, untuk proses foto/video), fitur keamanan, fitur konektivitas seperti (WiFi, Bluetooth, NFC), fungsi Quick Charge, dan sebagainya.

Seluruh komponen tersebut menjadi satu dalam sebuah Chip biar lebih mudah kita sebut prosesor. Prosesor yang di gunakan pada perangkat smartphone banyak macamnya tentu saja memiliki keunggulan dan kelemahan dari masing masing produk prosesor terebut.

Ada banyak jenis prosesor yang digunakan saat ini, dan berikut ini adalah jenis prosesor smartphone terbaik yang sering digunakan.

Qualcomm Snapdragon
Jenis prosesor ini paling banyak di gunakan di semua jenis smartphone, prosesor jenis SoC buatan negara amerika telah memiliki beberapa generasi diantaranya Snapdragon S1, S2, S3 dan S4. Masuk ke teknologi 4G LTE Qualcomm menjadi faktor pendorong teknologi komunikasi tersebut mulai dari infrastruktur maupun peralatan. SoC Snapdragon 800 yang menjadi prosesor smartphone LTE Advanced pertama dunia. sampai sekarang Qualcomm terus mengembangkan kemampuan SoC mereka yang menawarkan kelebihan teknologi GPU serta beberapa hal lain termasuk dari sisi kamera, audio, hingga AI

Prosesor Mediatek
Produsen Chip asal Taiwan yang sering di sebut dengan MTK saat ini telah berkembang sangat pesat dengan teknologi yang di usungnya. Berdiri tahun 1997 sekarang telah berkembang sangat pesat berkat inovasi telnologi yang di usung, beberapa produsen cenderung ada yang menggunakan mediatek karena memiliki beberapa keunggulan seperti kinerja prosesor dan grafis yang cukup bagus namun dengan harga yang terjangkau.

Prosesor intel
Prosesor yang sering di gunakan untuk perangkat server, komputer maupun laptop mencoba bersaing dengan produsen yang lain. Beberapa smartphone seperti Asus Zenfone telah memakai prosesor buatan intel. Intel menghadirkan teknologi yang cukup handal untuk menunjang konektivitas serta pemrosesan grafis yang lumayan baik

Prosesor OMAP
prosesor buatan Texas Instrumen memiliki kemampuan yang handal, di dukung kemampuan grafis video full HD yang baik dari sisi kamera primer maupun skunder. User interface yang cepat dengan kemampuan penggunaan daya yang sedikit.

Prosesor NVIDIA Tegra
Salah satu prosesor pada smartphone besutan NVDIA sangat baik di gunakan untuk bermain gamers. Prosesor dengan kemampuan quadcore bekerja sangat baik saat anda memainkan game yang membutuhkan gafis yang lebih detail. Tegra 4i menjadi penanda kolaborasi antara NVIDIA dan ARM. Selain itu, prosesor ini juga menandai usaha NVIDIA untuk memperoleh lebih banyak pangsa pasar smartphone.

Prosesor Exynos
Salah satu prosesor buatan samsung yang di kususkan untuk smartphone produksinya memiliki kemapuan yang hampir menyamai Qualcomm. Dilengkapi dengan GPU ARM Mali membuatnya memiliki kelebihan di bidang aplikasi game 3D serta multitasking.

Post a Comment

1 Comments

  1. terimakasih gan artikelnya bermanfaat sekali, kata-katanya mudah dimengerti. Ngomong-ngomong soal prosesor mediatek kunjungi juga Processor Mediatek vs Snapdragon, Siapa Lebih Baik?

    ReplyDelete