Iklan 728x90

Pengertian UEFI dan Legacy BIOS



BIOS singkatan dari Basic Input Output System, sofware yang berfungsi mengatur fungsi dasar hardware komputer. BIOS di dalamnya terdapat sebuah chip memory ROM yang di namakan CMOS. CMOS berfungsi  berfungsi menyimpan konfigurasi seperti tanggal dan settingan lainnya yang ada pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan

Untuk masuk ke setingan BIOS kita bisa menekan tombol Dell atau F2 pada keybord ada berbagai macam cara tergantung beda merk BIOS yang di gunakan. Saat kita mau mengatur setingan booting terdapat dua pilihan mode seperti UEFi (Unified Extensible Firmware Interface)dan Legacy apakah anda tahu hal tersebut, jika belum tahu akan kami bahas pada artikel ini.

Firmware mode UEFi dan Mode Legacy. Untuk yang menggunakan UEF di gunakan oleh komputer / laptop generasi terbaru sedangkan Legacy di gunakan untuk komputer / laptop yang generasi lama.  Setelah muncul UEFi Firmware maka BIOS yang generasi sebelumnya di sebut dengan Legacy BIOS.

Kelebihan UEFi jika dibandingkan dengan Legacy.
Terdapat fitur yang yang canggih dan lengkap untuk control hardware computer.
Level bahasa pemrograman.
Tampilan visual.
Kapasitas memori dan bit code.

Sebagai contoh sederhana, perkembangan procesor saat ini telah merambah ke 64 Bit sedangkan Bios yang memakai Legacy masih suport 16 Bit ini masih sangat terbatas, maka muncullah standart teknologi baru yang menggunakan UEFi.

Karena BIOS telah di ciptakan 30 tahun yang lalu oleh IBM, yang saaat itu teknologi masih sangat terbatas maka untuk mensuport tuntutan teknologi di buatlah standart UEFi/EFi yang mulai banyak digunakan pada mainboard PC dan notebook terbaru.

Kelebihan teknologi UEFi mendukung format GPT harddrive, kemampuan booting harddisk dengan kapasitas besar. Format GPT (GUID Partition Table) adalah teknologi format baru untuk menangani harddisk berkapasitas lebih dari 2 terabytes.

Format GPT digunakan pada sistem komputer server yang menggunakan harddisk kapasitas besar. Jika kapasitas harddisk sangat besar maka BIOS tidak bisa membaca hardisk tersebut. Maka teknologi penggantinya yaitu UEFI sebagai firmware untuk mengontrol kerja dan performance HDD. 

Perbedaan UEFI dan Legacy Bios

1. UEFI mendukung kapasitas penyimpanan hardisk lebih dari 2 TB, sedangkan pada BIOS maksimal adalah 2 TB.
2. UEFI sudah mendukung partisi GPT contohnya Windows 10 yang suport dengan partisi GPT, sedangkan Legacy hanya menjalankan tipe partisi MBR (Master Boot Record.)
3. Memungkinkan untuk menggunakan touchpad, mouse, touchscreen saat berada didalam UEFI, sedangkan pada BIOS hanya menggunakan keyboard.
4. Tampilan User Interface pada UEFI lebih menarik dan user friendly dari pada BIOS yang masih menggunakan mode display standar.

Ada 2 jenis pastisi hardisk yang umun di gunakan yakni MBR yang merupakan versi terdahulu sedangkan GPT merupakan versi terbaru yang telah di suport oleh windows 10. GPT disebut dengan GUID Partition Table memiliki kelebihan yang mendukung media penyimpanan hingga 9 ZB (Zettabyte). Zettabyte merupakan 3 tingkat diatas Terabyte (TB). Diatas TB ada Petabyte (PB), Exabyte (EB), Zettabyte (ZB), dan Yottabyte (YB).

Kekurangan Tipe Partisi MBR.
1. Mendukung hardisk maksimal 2 TB \.
2. Mendukung maksimal 4 Primary Partition saja.
3. Jika ingin membuat partisi lebih, 1 primary partition harus dikorbankan menjadi extended partition sehingga bisa dibuat beberapa logical partition.
4. Informasi mengenai lokasi file system dan partisi sistem operasi tersimpan pada sektor pertama pada hardisk, jika file tersebut hilang atau corrupt maka OS akan mengalami kerusakan. Berbeda dengan GPT yang mendukung 128 Primary Partition. Semua informasi file system akan di simpan lebih dari satu lokasi jika terjadi kerusakan masih ada backup di lokasi lain.

Untuk mengetahui BIOS yang anda gunakan menggunakan UEFI atau Legacy, bisa menggunakan system information, untuk membukanya bisa tekan tombol Win+R dan ketikkan MSInfo32 dan tekan Enter. Maka Windows System Information akan muncul, akan di tampilkan sistem BIOS yang di gunakan memakai Legacy atau UEFI.

Demikian informasi yang bisa saya berikan tentang pengertian UEFI dan Legacy BIOS serta mengenal sistem partisi MBR dan GPT. Sehingga akan lebih memudahkan anda saat melakukan proses instalasi OS untuk komputer/laptop anda. Semoga berguna artikel ini..

Post a Comment

1 Comments