Header Ads

Cara Sharing Printer di Windows 7,8 dan 10



Bagi anda yang ingin memanfaatkan fitur sharing hardware seperti printer untuk pemakaian bersama di dalam ruang lingkup kerja kantoran, mungkin artikel ini akan berguna. Artikel kali ini membahas tentang bagaimana cara sharing printer di dalam jaringan, sehingga akan menghemat onkos kerja karena tidak di perlukan untuk membeli printer baru, cukup satu printer bisa di pakai lebih dari satu orang asal semua terhubung di dalam jaringan, baik menggunakan IP Dynamic maupun IP static.

Jika anda memakai IP Dynamic maka tidak perlu repot repot setting IP, tinggal colok printer yang ingin di sharing maka langsung bisa terhubung ke dalam jaringan. Kali saya hanya membahas seputar sharing printer, untuk konfigurasi IP address bisa anda cari tutorial di google.

Untuk sharing printer bisa di lakukan pada jaringan berbasis kabel LAN maupun menggunakan jaringan wireless, yang paling terpenting komputer yang di hubungkan dengan printer memiliki koneksi yang baik karena di fungsikan sebagai server printer.

Berikut langkah konfigurasinya
1. Pertama anda bisa klik start button, lalu anda bisa memiliki Devices and Printers atau bisa juga dengan memanfaatkan tombol search pada samping kanan tombol start pada windows 10.


2. Setelah membuka windows devices and printers, maka anda bisa melihat jenis hardware apa saja yang bisa anda hubungkan dengan menggunakan komputer dan salah satunya adalah printer. Silahkan tentukan jenis printer yang ingin di sharing. Kemudian klik kanan pada bagian printer dan lakukan dengan memilih “printer properties”.


3. Setelah jendela properties silahkan memberikan checkbox pada bagian share this printer. Kemudian berikan nama printer yang sesuai dengan keinginan anda, selanjutnya klik Apply lalu OK.


4. Untuk membuka hasil sharing di komputer, yang lain buka tombol Windows + R ketikan alamat IP Server yang terhubung dengan printer. Kita anggap saja sebagai server komputer yang terhubung dengan printer.


Lalu akan muncul folder printer yang di share, silahkan klik kanan pada bagian printer lalu pilih connect.

No comments

Powered by Blogger.