Header Ads

Fungsi Optical Line Terminal Pada jaringan FTTH


Optical Line Terminal  (OLT) merupakan sebuah perangkat yang berteknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network) digunakan sebagai konversi dari sinyal elektrik menjadi optik, interfacing dengan sentral local, dan interfacing dengan ODN. dalam sebuah GPON bisa terdiri atas beberapa ODN yang berfungsi untuk transport dan distribusi data dari OLT  ke ONT/ONU. Komponen pendukung lainnya  adalah Pasive/Active Splitter (PS/AS) yang berfungsi untuk mendistribusikan daya optik ke cabang atau pelanggan. Perangkat OLT terletak di sentral local, STO (Sentral Telphone Otomate).

Optical Line Terminal perangkat yang berfungsi sebagai titil akhir end point dari layanan jaringan pasif fiber optic, OLT memiliki fungsi antara lain.
1.Titik Hubung dengan provider layanan Telepon, Internet/Datadan TV/ IP TV
2.Pusat penyambungan dan distribusi layanan yang dikirim ke pelanggan.
3.Pengaturan dan monitoring jaringan pelanggan.
4.Mengkonversi sinyal layanan ke dalam bentuk sinyal optik.

OLT menyediakan interface antara sistem Passive Optical Network (PON) dengan penyedia layanan (service provider) data, video, maupun voice/telepon. Perangkat OLT meliputi

1.DCS (Digital Cross-connect), yang melayani nonswitched dan non-locally switched TDM trafik ke jaringan telepon.
2.Voice Gateway, yang melayani locally switched TDM/voice trafik ke PSTN.
3.IP Routers atau ATM Edge Switch, yang melayani trafik data.
4.Video Network Device, yang melayani trafik video.

Di dalam OLT juga mencakup beberapa fitur, yaitu : 
A.Fitur pemproses freme downstream yaitu digunakan untuk menerima dan akan melakukan proses sebuah sel untuk menghasilkan frame downstream dan akan mengubah data serial tersebut.
B.Fitur WDM yaitu digunakan untuk melakukan konversi elektrik atau optik dari data serial frame downstream. 
C.Fitur pemroses frame upstream yaitu digunakan untuk mengekstraksi data dari proses WDM yang akan mencari overhead field yang akan menggambarkan batas slot dan akan membagi slot secara terpisah. 
D.Fitur kontrol yaitu digunakan untuk mengendalikan antara frame downstream dengan frame upstream dengan menggunakan sinyal waktu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja OLT dari jaringan GPON antara lain :
A. Material passive splitter
OLT secara umum merupakan perangkat yang mendukung sarana jaringan lokal, oleh sebab itu kestabilan redaman cahaya dari jaringan sangat penting terhadap kinerja dari OLT. Akibat dari tidak stabilnya jaringan tersebut membuat kinerja OLT menjadi menurun hal tersebut dapat di ketahui dari passive splitter ada sebuah kaca prisma, kaca prisma menjadi faktor yang mempengaruhi perangkat OLT karena kaca prisma di dalam splitter kurang bertahan lama atau cacat pabrikan.

B. Kondisi Lingkungan
OLT merupakan kumpulan beberapa module SFP yang terdiri dari komponen elektronik, komponen elektronik memerlukan kondisi lingkungan, seperti suhu ruangan yang mendukung sehingga bisa bekerja secara optimal.

C. Kerusakan OLT pada umumnya bisa terjadi, maka memerlukan pengecekan dalam waktu tertentu dan bisa di pantau dengan menggunakan NMS ( Network Management System).

No comments

Powered by Blogger.