Iklan 728x90

Inovasi Teknologi pada Smartphone yang Perlu Diketahui



Produsen smartphone menghadirkan teknologi yang semakin canggih untuk menunjang kebutuhan bagi konsumen yang ingin membeli produk yang di jual seperti teknologi pop-up kamera yang pernah di rilis oelh salah satu vendor yang ada di indonesia. Kamera ini bisa naik turun secara otomatis ke tika digunakan misalnya untuk keperluan selfie. Teknologi tidak akan berkembang tanpa kehadiran processor chip yang tertanam di dalamnya, yuk kita kenali beberapa teknologi smartphone yang umum di gunakan saat ini agar kita lebih tahu dan tidak salah memilih saat membeli smartphone.

Berikut ini 6 inovasi teknologi pada Smartphone

1. Processor Snapdragon 865
Qualcomm telah secara resmi memperkenalkan chipset flagship generasi terbaru, Snapdragon 865 di ajang Snapdragon Tech Summit 2019 yang berlangsung dari tanggal 3-5 Desember 2019 di Hawaii, AS. Produk ini di tujukan untuk perangkat premium mengemas modem Snapdragon X55 Modem-RF merupakan platform yang di gunakan untuk teknologi 5G.

2. Kamera Pop-Up
Kamera Pop-Up akan membuat layar smartphone kelihatan lebih lebar karena kamera tersembunyi di dalam smartphone dan keluar naik turun saat di gunakan. Vendor VIVO memperkenalkan kamera Dual Pop-Up selfie kamera yang di klaim pertama kali di perkenalkan oleh vendor Vivo. Kamera selfie ganda itu memiliki resolusi 32MP untuk kamera utama dan 8MP kamera wide. Smarphone ini menjadi seri pertama Vivo yang telah menggunakan empat kamera di bagian belakang.

3. Pemindai Sidik Jari (Fingerprint)
Banyak produk smartphone mengaplikasikan fitur fingerprint sebagai kode akses mengaktifkan ponsel. Berbeda dengan sistem angka atau pattern, teknologi fingerprint orang tidak bisa meniru sidik jari pengguna sehingga smartphone akan lebih aman di gunakan. Salah satu vendor biometrik Synaptics telah berhasil menciptakan sensor sidik jari yang bisa di pasang di permukaan layar smartphone. Sensor ini bernama Clear ID FS9500 ini aman berkat prosedur enkripsi AES dan mencakup serangkaian fitur otentikasi.

4. Teknologi Pengenalan Wajah
Salah satu fitur yang cukup menarik yakni face authentication, fitur ini untuk membuka ponsel yang terkunci dengan mendekatkan wajah ke layar smartphone dengan mata terbuka. Fitur ini juga bisa di gunakan untuk menyetujui transaksi pada ponsel pintar.

5. Teknologi 5G
Teknologi 5G menawarkan kecepatan transfer data yang lebih baik dibandingkan 4G, teknologi 4G mampu memindahkan data hingga 1 GBps ini secara teori namun kenyataan di lapangan tidak akan sama dengan teori. Teknologi 5G memiliki keunggulan dapat di aplikasikan pada bidang industri seperti IoT (Internet of Things). Secara teori teknologi 5G dapat melakukan remote alat jarak jauh seperti mobile tanpa kendali, robotic, drone, otomatisasi rumah dll bisa kita kendalikan lewat smartphone yang menggunakan konektifitas 5G.

6. Smartphone Layar Lipat
Desain ponsel saat ini cukup stagnan selama bertahun-tahun kususnya pada bagian layar, Selepas melahirkan konsep infinity display atau full-view display menghilangkan beragam tombol pada tampilan depan dan memunculkan “notch,” kini produsen smartphone memperkenalkan konsep foldable phone alias ponsel lipat. Samsung telah merilis smartphone yang menggunakan layar lipat yakni Galaxy Fold. Vendor Xiaomi juga merilis produk dengan nama MiFlex. Harga yang di tawarkannya pun cukup murah di bandingkan milik samsung, namun teknologi yang di tanamkan tidak kalah dengan produk pesaing.

Post a Comment

0 Comments