Header Ads

Apa Saja Fungsi Virtual Private Server (VPS)



Mungkin ada yang bertanya bagaimana sebuah server hosting di jalankan, apa menggunakan sebuah server sendiri dengan membeli perangkat server tentu bayangan kita akan sangat mahal. Sebenarnya kita cukup menyewa sebuah server virtual yang bisa di namakan VPS (Virtual Private Server) dari penyedia jasa hosting. 

Dengan menggunakan VPS kita bisa mengelola banyak hosting dalam satu server dengan memanfaatkan teknologi virtualisasi. Server VPS menggunakan server fisik yang di dalamnya di install sebuah Operating System untuk membuat server virtual, server virtual ini berjalan layaknya server fisik yang bisa kita install sistem operasi misalkan linux maupun windows untuk kepentingan hosting, data base, data center, server cloud dll.

Sama halnya dengan server fisik, VPS dapat di fungsikan dalam mengoptimalkan kinerja bisnis anda, terutama yang berkecimpung di bisnis berbasis digital, apa saja yang bisa di manfaatkan dan di implementasikan dengan menggunakan server VPS antara lain.

1. Membangun Web Hosting
Web Hosting sangat cocok menggunakan Virtual Private Server (VPS) hosting kita bisa berjalan sendiri tanpa gangguan trafik dari hosting lain jika kita menggunakan share hosting. VPS akan berdidi sendiri melayani trafik hosting yang kita kelola, pemakaian resource seperti CPU, RAM tidak akan terganggu

2. Membangun Mail Server
Kita dapat membangun mail server sendiri tanpa terbebani kuota yang di berikan oleh share hosting yang terbatas, kita bisa atur sendiri sesuai spesifikasi VPS yang kita miliki.

3. Membangun Application Server
VPS dapat di gunakan untuk membangun aplikasi server untuk di install ke dalam server seperti VPN, Proxy, Tunnel, Online Game, Toko Online, Server dari aplikasi Android yang kita buat, dan masih banyak lagi. Namun wajib anda perhatikan kebutuhan aplikasi dengan server yang kita miliki, pastikan memilih spesifikasi VPS yang sesuai mulai dari spesifikasinya.

4. VPS sebagai Server Backup
Keamanan data perusahaan sangat penting, ini mejadi sebuah isu saat ini mulai dari serangan virus, hacker, dan lainnya maka di butuhkan server backup untuk perlindungan data penting bagi kelangsungan bisnis di perusahaan sehingga aman dari ancaman dan resiko. Backup server harus di pisah dengan server utama sehingga meminimalisasi resiko kehilangan data apabila server utama megalami kerusakan.

5. Sebagai file server atau storage server dimana kita bisa menyimpan file dan data baik melalui ftp, maupun http.

6. Development/Test Environments 
Virtual Private Server juga membantu untuk melakukan serangkaian development testing secara efisien, beberapa sistem operasi dan alamat IP publik dengan mudah bisa dilakukan, koneksi secara remote untuk reboot dan penggantian interface cukup dilakukan dengan cepat, sama seperti halnya mempunyai 1 rak yang penuh dengan server testing

7. Operating System (OS)
Saat memilih VPS Anda, Anda dapat memilih sistem operasi (operating system) dan VPS  dengan berbagai pilihan Sistem Operasi (OS) yang ditawarkan. Anda dapat memilih salah satu dari daftar berikut ini:

Windows
Centos
CloudLinux
Debian
Ubuntu
Fedora
Gentoo
Red Hat Enterprise Linux
FreeBSD
OpenSUSE

Jika anda memutuskan untuk membangun website atau blog untuk kepentingan komersil disarankan untuk menyewa VPS, karena VPS sangat membantu anda dalam mengelola sebuah website bahkan bisa lebih dari satu website.

Bagi para web developer yang memiliki banyak domain akan sangat di butuhkan customisasi untuk bermacam aplikasi yang anda gunakan, VPS bisa mengakomodir domain domain tersebut.

No comments

Powered by Blogger.