Iklan 728x90

Cara Memilih Server Hosting yang Tepat



Dunia internet terus berkembang cukup pesat sampai saat ini, saat terhubung ke dunia internet melalui website pasti anda akan mengenal istilah Hosting dan Domain. Ketika anda ingin membuat website agar bisa di akses oleh jaringan internet dan dilihat orang lain pasti membutuhkan sebuah domain misalnya domainku.com atau tokoonline.com nah nama tersebut merupakan sebuah domain yang akan menuntun para pengunjung menuju lokasi website.

Sedangkan Hosting merupakan layanan server untuk menyimpan file file website kita, kapasitas hosting tergantung dari spesifikasi server yang ditawarkan namun banyak orang masing bingung memilih hosting yang tepat. Spesifikasi server untuk hosting harus disesuaikan dengan berapa trafik kunjungan ke website kita setiap harinya apakah cuman 1000 pengunjung perhari atau 10.000 kunjungan permenit bahkan bisa perdetik.

Dengan semakin banyaknya trafik ke website kita tentunya disesuaikan dengan kapasitas server hosting yang kita gunakan. Untuk memilih suatu Hosting, bukan hanya harga dan disk space nya saja yang perlu diperhatikan. Anda juga harus menyesuaikan dengan website yang ingin anda buat. Misalnya website apa yang ingin dibuat, berapa estimasi pengunjung per harinya, perlu akses SSH atau tidak, perlu kecepatan tinggi atau tidak dan sebagainya

Banyak istilah dalam Hosting perlu kita bahas satu persatu

1. Bandwidth
Bandwidth merupakan jumlah transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps). Atau dengan kata lain, bandwidth merupakan kapasitas maksimal jalur komunikasi untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik. Koneksi internet dengan bandwidth yang lebih besar dapat memindahkan sejumlah data (misalnya file video) jauh lebih cepat daripada koneksi internet dengan bandwidth yang lebih rendah.

2. CPU
CPU atau Central Processing Unit merupakan salah satu perangkat komputer yang melaksanakan instruksi dari perangkat lunak di komputer. Intinya, CPU ini merupakan otaknya komputer. Di dalam CPU terdapat processor(core) yang berfungsi untuk mengatur semua aktifitas pemrosesan yang ada pada server

3. RAM
RAM (Random Access Memory) merupakan suatu memori tempat penyimpanan data sementara sebelum di proses oleh CPU. Semakin besar RAM yang dimiliki maka Hosting akan semakin cepat dalam memproses data sebuah website.

4. SSD Disk Space
Layanan Hosting yang bagus, pasti akan menyediakan  SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpanannya. SSD memiliki tigkat kecepatan yang lebih baik jika di bandingkan dengan hardisk, SSD memiliki keunggulan antara lain
1. Proses booting menjadi lebih cepat
2. Transfer data menjadi super cepat
3. Maintenance menjadi mudah karena tidak memerlukan waktu lama dalam proses scanning virus, cleaning dan sebagainya
4. Lebih hemat daya listrik

5. Lokasi Server
Jika pengunjug website anda dari indonesia maka lokasi server bisa dipilih yang terdekat bisa dari indonesia, singapore sehingga waktu respon akan lebih cepat jika server yang digunakan jauh dari pengunjung. Sebelum menentukan lokasi server anda harus menentukan target pasar dari derah mana pengunjung kebanyakan.


6. Harga yang ditawarkan
Memilih harga layanan server hosting yang sesuai dengan fitur yang diberikan apakah sesuai misalkan share hosting dan dedicated hosting akan memiliki harga berbeda. Jika server hosting menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi seperti penggunaan VPS server tentu harga akan berbeda pula.

7. Hindari Membeli dari Reseller Hosting
Jangan membeli hosting dari pihak reseller, namun ada satu hal penting yang membuat anda tidak membeli hosting dari reseller. BIasanya reseller memiliki keterbatasan dalam menangani hal hal teknis dan tidak memiliki akses ke akun hosting yang anda beli.

8. Dukungan Teknis
Saat anda menggunakan hosting pasti mengalami kendala banyak juga yang bingung dan memerlukan konsultasi. Jika ada pertanyaan pasti akan lebih mudah menghubungi customen services yang dapat membantu anda dan dukungan teknis dari penyedia layanan hosting.

9. Tidak ada biaya tambahan
ada beberapa penyedia hosting meminta biaya (setup) ketika anda membeli hosting. Sebaiknya jangan mau membayar biaya tambahan tersebut. Biaya tersebut seharusnya sudah dibebankan ke penyedia layanan hosting yang sudah dihitung berdasarkan harga yang ditawarkan.

10. Reputasi perusahaan
Reputasi sangat penting, terlalu berisiko menyerahkan kelangsungan website Anda pada penyedia yang belum memiliki prestasi. Kerugian yang didapatkan dari server yang sering down dan lambat tidak dapat diremehkan. Belum lagi kerugian akibat dukungan yang buruk dari penyedia hosting. Kualitas suatu web hosting yang reputasinya belum terbangun dengan bagus bisa mempengaruhi bisnis yang anda jalankan.

Yang perlu diingat adalah carilah review berdasarkan pelanggan yang benar-benar telah menggunakan hosting tersebut, karena review yang baik adalah review dari pengguna ke pengguna.

Dari tips memilih hosting yang telah saya tulis di atas, silahkan memilih hosting yang sangat cocok dan memenuhi kriteria untuk anda. Jika ada yang punya tips lain, silahkan anda tulis di kolom komentar

Post a Comment

0 Comments