Iklan 728x90

Pengertian dan Cara Kerja Virtual Private Network VPN




Virtual Private Network merupakan koneksi antar jaringan secara private melalui jaringan internet publik. Dengan menggunakan VPN anda bisa melakukan akses data melalui jaringan internet menjadi lebih aman seperti buka email, browsing, sosial media dan kegiatan lain yang berhubungan dengan internet. Kenapa penggunaan VPN lebih aman, karena data yang dikirim telah melalui proses enkripsi sehingga kerahasiaan akan tetap terjamin meskipun melalui jaringan publik. 

Pada jaman dulu, VPN (Virtual Private Network) dibuat dengan tujuan menghubungkan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan dapat menggunakan jaringan kantor dari rumah atau tempat lain.

Sedangkan pada saat ini, VPN sudah banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tujuannya? Tentu untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote

Cara Kerja VPN

VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, jika di gambarkan sebagai berikut

Internet <-----> VPN Server <-----> VPN Client <------> Client

Jika digunakan untuk menguhubungkan 2 Komputer secara private dengan jaringan internet seperti berikut ini.

Komputer A <—> VPN Clinet <—> Internet <—> VPN Server <—> VPN Client <—> Komputer B

Semua koneksi yang terjadi di atur oleh sebuah VPN Server, maka diperlukan server yang memadai agar koneksi bisa berjalan secara lancar tanpa hambatan.

Fungsi VPN

1. Confidentially (Kerahasiaan)

VPN menggunakan metode enkripsi untuk mengacak data dari proses transmisi sehingga keamanan data lebih terjamin. Untuk menyadap data maka diperlukan keahlian khusus dalam proses menterjemahkan data yang telah di enkripsi tersebut.  fungsi confidentially ini maksudnya supaya data yang ditransmisikan hanya dapat diakses oleh orang yang memang berhak saja.

2. Data Integrity (Keutuhan Data)

Saat data di kirim melalui jaringan internet maka terjadi sebuah komunikasi antar jringan, saat terjadi komunikasi kemungkinan data tersebut terjadi gangguan dan bisa dimanipulasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan informasi atau data mulai dari data tersebut dikirim kan hingga data tersebut diterima.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)

VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber dari pengiriman data yang akan diterimanya. VPN dapat melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan disetujui jika proses autentifikasi berhasil, dengan begitu VPN dapat menjamin semua data yang dikirimkan dan juga yang diterima berasal dari sumber yang benar.

Manfaat Menggunakan VPN ( Virtual Private Network )

Remote Access

Maksudnya dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik. Selama terhubung ke server VPN maka koneksi kita akan aman melakukan komunikasi di jaringan internet.

Keamanan

Dengan menggunakan koneksi VPN bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe-cafe.

Dapat Menghemat Biaya Setup Jaringan

VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya sudah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.


Post a Comment

0 Comments