Iklan 728x90

Pengertian www (World Wide Web) dan Fungsinya



Ketika mengakses internet melalui browser, tentu kita sudah tak asing lagi dengan adanya awalan www di setiap alamat situs yang kita kunjungi. Namun apakah sebenarnya dan peran www dalam jaringan internet.

World Wide Web biasa dikenal dengan singkatan www mempunyai fungsi untuk menyediakan data dan informasi agar dapat digunakan secara bersama melalui server Web yang ada di dunia. Melalui layanan web pengguna bisa mengakses informasi seluruh dunia yang tidak terbatas pada text namun gambar, video, file dll.

Salah satu keuntungan dari www adanya hyperlink. Misalkan kita mengetikkan sebuah alamat web seperti www.google.com pada sebuah dokumen html maka alamat tersebut akan berubah menjadi biru, bergaris bawah dan memiliki sebuah link.

Sebuah website bisa di akses ke jaringan internet karena menggunakan alamat IP Address public yang diterjemahkan ke dalam suatu domain, sehingga akan lebih mudah di ingat dan di akses oleh manusia.  

Dengan World Wide Web data dan dokumen yang ada pada web server diseluruh dunia akan disusun menjadi lebih rapi dan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet. World Wide Web saat itu diperkenalkan di publik pada tahun 1995.

Web Server merupakan perangkat lunak yang dijalankan di sebuah server yang sesuai dengan spesifikasi perangkat lunak tersebut sehingga mampu melayani request http/https dari klien melalui media browser ( IE , Firefox , Chrome, dll) dan mengirimkan kembali dalam bentuk halaman website yang umumnya secara standar adalah Hypertext Markup Language (html).

Saat itu www menjadi perhatian publik di dunia internet, kemudian program ini digunakan untuk menggantikan ftp yang telah lama digunakan, program ini menyajikan penemuan yang baru yang belum dipikirkan orang sebelumnya.

WWW secara langsung menghubungkan pengguna internet ke berbagai macam web server diseluruh dunia sehingga pengguna bisa mengakses data, dokumen, dan berbagai macam informasi. Ada empat layanan www yaitu web mail service, search engine, web hosting, dan portal.

1. Web Mail Service digunakan untuk mngirimkan surat elektronik (mail) untuk kepentingan pribadi maupun bisnis semua orang membutuhkan layanan ini, anda bisa membuat email seperti gmail.

2. Search Engine, Semakin banyaknya website yang ada di internet akan semakin mudah kita mencarinya dengan menggunakan search engine. Search Engine memperudah dalam pencarian kata kunci yang berhubungan dengan konten website yang ingin kita kunjungi, di situ akan banyak di tampilkan pilihan website beserta konten yang relevan sesuai dengan kata kunci yang kita ketikan.

3. Web Hosting, merupakan sebuah server yang digunakan untuk menyimpan dokumen website sehingga bisa di akses ke oleh jaringan internet. Web Hosting menggunakan layanan web server untuk melayani request yang diminta oleh client saat mengunjungi alamat sebuah website. Web Hosting menggunakan server yang memiliki spesifikasi khusus seperti Processor, RAM, Hardisk yang digunakan untuk VPS Server maupun Dedicated Server menyesuaikan kebutuhan pelanggan website.

4. Portal, merupakan berbagai macam layanan seperti email, chating, berita, forum sehingga menjadi kesatuan aplikasi yang bisa di akses sekaligus dalam satu website. Portal Web mulai populer pada akhir tahun 1990. Setelah perkembangan perambah web (web browser) pada pertengahan tahun 1990, banyak perusahaan mencoba membangun portal untuk mendapatkan perolehan pasar mereka melalui Internet. 

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian www, sejarah www, dan fungsinya. Semoga artikel ini membantu anda dalam memahami pengertian www di dunia internet.


Post a Comment

0 Comments