Iklan 728x90

Cara Bridge Interface di Mikrotik RB951Ui-2HnD



Kali ini saya akan membagikan tutorial bridge interface yang ada di mikrotik, sebenarnya artikel bridge sudah pernah saya bahas. Kali ini saya akan membagikan lagi berdasarkan pengalaman yang saya alami. Kebetulan saya tidak memiliki swicth untuk akses internet karena keburu habis terpakai dan belum sempat beli. Topologi kali ini saya pasang routerboard RB951Ui-2HnD
 dengan Acces Point Unifi dari Ubiquiti.

Saya menyesuaikan topologi berhubung salah satu ruangan pemakai WiFi bisa 100 Orang maka disini saya tambahkan routerboard RB951Ui-2HnD sebagai Access Point untuk menemani Acces Point Unifi. Untuk akses internet saya lewatkan melalui ETher1 yang saya bridge dengan Ether2 dan Wlan1. Jadi mode nya disini saya bridge bukan router, untuk pengaturan bandwidth saya serahkan ke router utama, dengan mode bridge saya juga bisa memonitor Unifi menggunakan controller dari Ubiquiti.

Berikut langkah konfigurasinya.

1. Buat interface bridge untuk Ether1, Ether2 dan Wlan1


2. Menambahkan interface yang di Bridge


3. Konfigurasi Wireless


4. Konfigurasi DHCP Client


Demikianlah konfigurasi bride interface pada mikrotik, selanjutnya untuk Ether1 akses ke internet, Ether2 saya hubungkan dengan Access Point Unifi dari Ubiquiti. Terimakasih telah membaca semoga berguna.


Post a Comment

0 Comments