Iklan 728x90

Penyebab Router TP Link tidak terkoneksi dengan PPPOE Mikrotik Secara Otomatis


Point to Point Protocol over Eternet atau PPPoE adalah salah satu tipe koneksi dial up yang banyak digunakan untuk layanan internet. KOneksi ini dinilai sangat aman dari bermacam gangguan seperti Netcut. Mode PPPoE sangat mudah dan dipraktekan sendiri di rumah meskipun masih pemula. PPPoE menjadi andalan bagi para pengusaha RT/RW net saat ini.

Postingan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi yang pernah saya alami, saya menggunakan router TP Link yang saya koneksikan dengan routerboard Mikrotik dengan koneksi tipe pppoe. Sebenarnya kedua router bisa terhubung, cuman ada permasalah saat router mikrotik restart, ternyata di sini terjadi masalah pada router TP Link tidak terhubung ke mikrotik dengan mode pppoe. Ada salah satu solusi yaitu perlu di restart router TP Link baru bisa terhubung. 

Ada solusi yang lebih mudah tanpa me restart router tplink yaitu dengan mengubah mode autentikasi pada sistem konfigurasi punya TP Link. Berikut langkah konfigurasinya.

1. Login ke konfigurasi router tp link dengan menggunakan browser, ketikan alamat 192.168.1.1 pada URL

2. Login menggunakan user dan password default admin

3. Klik menu Network --> WAN


Dengan memilih autentikasi type PAP, meskipun terjadi putus koneksi maka router tp-link akan terhubung kembali secara otomatis ke router server mikrotik.


Post a Comment

0 Comments