Iklan 728x90

Pemasangan kabel UTP ke Konektor RJ 45

Untuk menghubungkan antar host dalam jaringan kita pasti memerlukan sebuah kabel jaringan. Nah kabel jaringan yang umum di pakai saat ini adalah jenis UTP. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan antar komputer, komputer dengan swicth, swicth dengan router atau peralatan jaringan wireless outdor dengan perangkat router.

Artikel kali ini akan di bahas mengenai pemasangan kabel utp ke konektor RJ 45, nah sebelum kita memasang kabel ke konektor kita harus tahu urutan pengkabelannya. Kabel UTP terdiri dari 8 kabel jika kita kupas pembungkusnya, masing masing kabel mempunyai warna yang berbeda beda. Saat pemasangan jangan sampai salah mengurutkan warna kabel, jika salah mengurutkan host dalam jaringan tidak bisa terkoneksi.

Urutan Kabel Staright dan Cross

Pada gambar diatas adalah urutan kabel berdasarkan standar ISO. jika anda memasang atau warnanya di bolak balik juga tidak akan masalah akan tetapi dengan konsep bahwa untuk yang straight, harus lurus. kabelnya harus sama dan sejalur. Jika masih bingung bisa kita lihat gambar di bawah ini.


Kita akan melakukan pemasangan kabel ke konektor RJ 45 pastikan anda akan memakai urutan straight atau cross. Urutkan terlebih dahulu kabelnya lalu potong dengan rapi bisa menggunakan tang potong atau gunting bisa juga dengan tang crimping yang ada pemotongnya.

pemotongan kabel utp

Setelah pemotongan selanjutnya memasukan kabel UTP kedalam konektor RJ45. Silahkan lihat gambar dibawah ini:


Setelah dimasukan dengan baik, silahkan konektor RJ45 di rapatkan atau tekan atau kunci kabel tersebut dengan menggunakan tang crimping. Pastikan pembungkus kabel luar ikut terjepit dalam konektor RJ 45 agar hasil crimping lebih kuat tidak gampang putus.



Setelah berhasil di crimping gunakan LAN Tester untuk melihat hasil crimpingan, kita tes sesuai urutaan kabel baik straigh maupun cross. Nah itulah cara melakukan crimping kabel LAN jenis UTP semoga menambah pengalaman dan wawasan kita. Semoga berguna...


Post a Comment

1 Comments