Iklan 728x90

Cara Reset Mikrotik ke Default Pabrikan

tombol reset mikrotik

Saat routerboard kita mengalami trouble, ada kalanya kita harus mereset baik itu hard reset maupun soft reset. Cara melakukan reset mikrotik gampang gampang susah namun butuh ketelitian dan kesabaran.
Efek yang terlalu lama dalam hal pemakaian dan jarang di matikan biasanya mikrotik mengalami hang, atau sering gonta ganti konfigurasi mikrotik dalam waktu yang singkat bisa menyebabkan routerboard mengalami trouble. Bisa juga faktor lupa username dan password, seorang admin akan melakukan reset agar konfigurasi kembalai ke default pabrikan.
Untuk melakukan reset kita bisa login menggunakan winbox dengan user full admin, lewat winbox di terminal ketikkan perintah berikut ini
1
/system reset
Apabila ingin di reset tanpa kembali ke konfigurasi default, bisa kita ketikkan perintah berikut ini:
1
/system reset-configuration no-default=yes
Setelah anda berhasil melakukan reset dengan cara di atas maka secara otomatis semua konfigurasi di mikrotik tidak ada sama sekali.
Melakukan reset dengan tombol reset di routerboard
mereset MikroTik dengan tombol reset kita lakukan karena tidak tahu lupa username dan pasword mikrotik sehinggan cara yang di atas tidak bisa dilakukan.
Tombol Reset pada RouterBoard sering kita jumpai pada beberapa seri, namun sayangnya tidak semua seri RouterBoard dilengkapi dengan Tombol Reset.
Cara Reset Mikrotik ini biasanya pada Seri RB750, RB450, hAP lite, Hex lite bisa dilakukan dengan tombol yang sudah ada pada box nya.
Untuk langkah-langkah nya anda bisa ikuti dengan cara berikut:
  • Tekan tombol reset dengan pensil atau bolpoin.
  • Posisi power MikroTik mati / kabel power MikroTik di cabut
  • Tekan dengan pensil tombol reset, tahan jangan dilepas
  • Sambungkan power /adapter mikrotik dengan posisi tombol reset masih ditekan
  • Biarkan Mikrotik tetap menyala sambil tombol reset di tahan sekitar 10 – 20 detik 
  • Saat Lampu ACT tidak berkedip barulah lepas tombol reset nya
Jika konfigurasi Mikrotik telah ke default artinya proses reset telah berhasil di lakukan
Cara reset Mikrotik Menggunakan Jumper

Untuk reset menggunakan jumper anda hanya perlu membuka casing box mikrotik, untuk mereset anda cari area lempengan kuning yang melingkar pada board. Untuk mereset anda hanya perlu obeng, lalu tempatkan obeng pada tengah alur sehingga kedua lempengan terhubung dengan obeng bisa juga menggunakan kabel. Cara seperti ini di lakukan pada seri mikrotik yang tidak ada tombol reset nya seperti mikrotik RB1100.

Reset Mikrotik Menggunakan NetInstall
Jika usaha anda mereset dengan tiga cara di atas gagal, maka anda bisa melakukan reset menggunakan NetInstall, cara seperti ini di lakukan untuk install ulang OS Mikrotik. Untuk NetInstall tidak di bahas pada artikel ini, namun akan di bahas secara terpisah.
Demikian informasi yang ada dalam artikel ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi pembaca, Semoga berguna..

Post a Comment

1 Comments