Iklan 728x90

Cara menggunakan putty Untuk remot Linux menggunakan ssh

logo debian


Jika kita bekerja ingin remot server linux, namun kita berada di tempat yang jauh dari server kita ada baiknya kita menggunakan sofware yang satu ini PuTTY. Putty merupakan sofware yang memanfaatkan protokol juringan seperti aplikasi SSH dan Telnet.

Sebelum kita menjalankan Putty sebaiknya SSH maupun Telnet harus di instakk terlebih dahulu pada server yang ingin kita remot. Nah artikel kali ini membahas tentang remot server menggunakan putty dengan aplikasi ssh server.

Putty merupakan tools yang sering dipakai oleh para pemilik server untuk berkomunikasi dengan servernya menggunakan command line untuk menjalankan perintah tertentu pada server.


Tujuan utama dari PuTTY adalah menjadi aplikasi multi-platform yang mampu mengeksekusi dalam sebuah sistem operasi. Hal ini juga disebut terminal xterm.
Jendela utama dari PuTTY memiliki sesi yang berjalan pada komputer yang meremote dan dan dapat mengirim perintah langsung ke komputer yang diremote.
PuTTY memberikan beberapa keuntungan, terutama saat kita bekerja dari jarak jauh untuk remot server. Hal ini dirasa lebih memudahkan untuk mengkonfigurasi sistem pada server.
Berikut Langkah langkahnya
1. Tambahkan alamat reository debiab 8, di sini saya memakai debian delapan
    Alamatnya di sini
2. Install ssh server pada SO linux
apt-get install ssh-server
3. Buka aplikasi PuTYY

4. Isikan alamat Host yang ingin di remot

5. Jika sudah terhubung akan ada pesan pilih Yes
6. Login ke sistem linux masukkan user dan password 

7. Selanjutnya anda sudah diperbolehkan mengakses server dan mengkonfigurasi sistem

Demikian artikel tentang cara menggunakan PuTTY untuk remot server menggunakan ssh, Semoga berguna....

Post a Comment

0 Comments