Iklan 728x90

Tips Mengatasi WiFi yang Tidak Terdeteksi di Komputer Laptop


Adakalanya dalam keadaan penting seperti melakukan upload data ke internet atau mau remot server gak taunya WiFi pada laptop tidak mendeteksi adanya jaringan WiFi di sekitar. Pasti sangat menyebalkan bukan, anda pasti mengalami hal hal semcam ini. Mau buka email tidak bisa, browsing mati, pada dasarnya WiFi merupakan pengkat wajib yang ada pada komputer baik laptop maupun smarphone.
Nah berikut ini beberapa penyebab WiFi tidak terdeteksi pada komputer atau laptop
1. Cek perangkat WiFi pada laptop sudah aktif apa belum
Pastikan WiFi dalam keadaan ON atau menyala, sehingga bisa tersambung ke jaringan WiFi router di sekitar kita, ada beberapa cara menghidupkan WiFi menggunakan tombol pada keyboard seperti tombol (Fn) di kombinasikan dengan tombol lain seperti icon sinyal. Kalau WiFi sudah nyala biasanya ada lampu LED WiFi yang menyala dan siap di gunakan.
2. Atur konfigurasi Perangkat WLAN menjadi Enable pada Menu Bios.
Ketika pertama kali booting kita tekan tombol f2 atau tombol delete stelah itu akan masuk di menu advanced kemudian pada feature pastikan pada pilihan WLAN sudah aktif atau dengan tulisan enable.
Ini juga berlaku pada kasus lain pada LAN, dan audio. Pastikan semua pada posisi enable supaya berfungsi secara maksimal.
3. Install Driver
Ketika perangkat WLAN pada bios pada posisi enable pastikan driver WLAN telah terinstall untuk melihat driver telah terinstall apa belum bisa kita lihat pada menu  Klik Start > Klik kanan pada ‘computer’ > pilih properties > klik Device Manager. Apabila tertera disana bahwa Ethernet controller belum terinstall  artinya memang penyebab utama dari kegagalan masuk hotspot.
4. WiFi Card rusak
Apabila cara-cara di atas tidak berhasil,  karena device WiFi nya tidak bisa di gunakan lagi. Langkah terakhir adalah membeli WiFi card yang baru.
5. Pastikan jaringan WiFi sekitar pada mode Broadcas
Ini sangat penting kadang kala pemilik jaringan WiFi tidak mengeset WiFi pada mode broadcas sehingga WiFi tidak terdeteksi. Biasanya fitur ini hanya untuk mengamankan jaringan agar tidak di ketahui oleh orang lain.
Demikian ulasan tentang Tips Mengatasi Wi-Fi Laptop yang Tidak Terdeteksi semoga menambah pengalaman kita tentang trouble shooting hardware, Semoga berguna.

Post a Comment

1 Comments

  1. Wah terima kasih atas informasi websitenya sehingga kami memahami Cara Mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi.

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info tambahan untuk saling melengkapi.

    https://bangamingadget.com/informasi/

    nuhun

    ReplyDelete