Iklan 728x90

Membuat Input Box Untuk Form Pengisian


Setiap halaman website kita sering menemukan input box yang digunakan untuk menginputkan kata atau kalimat yang dapat menghasilkan informasi. artikel kali ini akan menjelaskan cara membuat input box pada PHP dan menampilkan hasil inputan ke halaman web browser.

Buat file seperti di bawah ini dengan nama input_box.php : 



<?php
    @$text = $_POST['input_text'];
?>
<hmtl>
    <head>
        <title>Input Text Box</title>
    </head>
    <body>
    <center>
        <br/><br/><br/>
        <form action="input_text.php" method="POST">
            <label>Text : </label>
            <input name="input_text" type="text" value="<?php echo $text; ?>"/>
            <input name="submit" type="submit" value="SUBMIT" />
            <h1><?php echo $text; ?></h1>
        </form>
    </center>
    </body>
</hmtl>

Tag input umumnya yang paling banyak di gunakan dalam membuat form di html dan yang memiliki tipe paling banyak diantara tag form yang lainnya, bentuk-bentuk tag input hanya dibedakan melalui atribut type untuk menentukan input seperti apa yang ingin di tampilkan.

Atribut input ini adalah salah satu tag tunggu dimana penulisannya tidak membutuhkan tag penutup, seluruh tag input biasanya menampung nilai tag tersebut di dalam atribut value.

Dalam proses php ketika nilai dari elemen form di olah, seluruh nilai ditangkap melalui atribut name pada setiap tag, dalam pembahasan kali ini  hanya mengulas tentang interface saja, tidak untuk prosesnya, contoh penggunaan tag name.

<input name="input_text" type="text" value="<?php echo $text; ?>"/>

Dari tag input di atas terlihat bahwa nama dari tag tersebut adalah text dan memiliki nilai yang akan di tampilkan adalah input text, sehingga yang akan di tangkap oleh kode php dengan metode get atau post. 


Post a Comment

0 Comments