Iklan 728x90

Cara Tes Kecepatan Speedtest Internet via Terminal di Debian


Bagi Anda yang memiliki server dengan OS Linux Ubuntu atau Linux Debian dan Anda ingin mengetahui berapa kecepatan akses internet yang ada pada server. Kita bisa saja meremote server Anda menggunakan VNC dan melakukan tes kecepatan via browser dengan mengakses situs Speedtest

Nah bagi anda yang menjalankan aplikasi berbasis cli atau terminal memerlukan suatu sofware berbasis cli bila ingin mengetahui kecepatan server Anda, Anda cukup meremote menggunakan SSH dengan putty/bitvise/PAC dll. Sofware alternative tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi "speedtest-cli".

Apa itu Speedtest-cli

Speedtest-cli adalah sebuah aplikasi berbasis text yang berguna untuk melakukan tes kecepatan internet pada komputer dengan sistem operasi berbasis cli.

Karena speedtest-cli ini berbasis python, pastikan terlebih dahulu python sudah terinstall pada sistem operasi server kita. Untuk melakukan pengecekan masukkan perintah berikut pada terminal.

python -V

Jika muncul tampilan berikut, artinya python sudah terinstall pada system

Python 2.6.6

Namun jika ternyata python belum terinstall, silahkan install terlebih dahulu dengan menggunakan perintah berikut, namun alamat repository nya di sesuaikan dengan versi debian ya gan.

apt-get install python-pip

pip install speedtest-cli

Setelah berhasil menginstall speedtest-cli, sekarang saatnya untuk menggunakannya. 

speedtest-cli



Nah sampai di sini konfigurasi sudah selesai, anda akan lebih mudah menjalankan aplikasi ini tanpa harus membuka browser anda dan lebih mudah dan lebih ringan. Semoga berguna...


Post a Comment

2 Comments