Iklan 728x90

Perintah Dasar Jaringan di Command Prompt


Untuk mengetahui kwalitas koneksi jaringan yang kita pakai, sistem operasi telah menyediakan perintah jaringan yang berfungsi sebagai tools untuk melihat koneksi jaringan yang kita pakai. Tools tersebut memberikan informasi yang di gunakan untuk troubleshooting jaringan baik bagi pengguna sisitem operasi windows maupun linux.


Nah berikut ini tools yang sering dipakai


ping 


Perintah ping berfungsi untuk mengirimkan ICMP echo request packet ke host tujuan, aplikasi ini menggunakan protokol ICMP (Internet Control Message Protocol). Perintah ping dipakai untuk mengirimkan pesan ke host tujuan misalnya ping www.google.com akan di ketahui berapa lama waktu round-trip perjalanan antara komputer Anda dengan host tujuan. Di sini akan terlihat “request timed out” jika packet loss terjadi tidak terjadi hubungan dengan host tujuan.


traceroute / tracert / tracepath


Perintah dasar selanjutnya adalah traceroute mirip dengan perintah ping tapi perintah ini dapat mengetahui rute jalur informasi dari paket tujuan awal melewati host dari mana saja. traceroute mengirimkan paket ke tujuan, setiap router Internet yang di lewati dan  menunjukan jalur koneksi antara komputer dengan host tujuan.

Tool ini dapat membantu untuk troubleshooting koneksi, misalnya kita tidak  terhubung dengan server, dengan menjalankan traceroute akan menunjukan jalur/hop yang bermasalah antara komputer dengan host tujuan. 


ipconfig / ifconfig


perintah ipconfig di gunakan untuk sistem operasi windows untuk mengetahui alamat IP Address, DNS, Gateway dan konfigurasi interface LAN yang lain, untuk sistem operasi berbasis linux anda bisa menggunakan perintah ifconfig.

nslookup


Perintah dasar selanjutnya adalah perintah nslookup di gunakan mencari alamat IP yang terkait dengan nama domain. Contohnya, anda bisa menjalankan perintah nslookup untuk melihat IP address google.com. misalnya nslookup google.com akan muncul informasi tentang IP Adress yang di gunakan oleh google.

netstat

netstat singkatan dari network stats, perintah ini menampilkan koneksi jaringan yang masuk dan keluar yang melewati jaringan melalui sistem operasi yang anda pakai. Utilitas netstat dapat menunjukkan koneksi yang open di komputer Anda, program mana yang membuat koneksi, berapa banyak data sedang dikirim, dan informasi lainnya.


ipconfig /renew

perintah ini di gunakan untuk meminta ip address dri server dhcp, kita bisa jalankan melalui command prompt di windows


ipconfig /flushdns

Perintah ipconfig /flushdns ini fungsinya adalah untuk menghapus dan juga mereset DNS cache di Windows, memaksa Windows mendapatkan alamat baru dari DNS server setiap kita akan mengakses situs baru.

ipconfig /registerdns

Perintah ipconfig /registerdns  ini adalah kebalikan dari flusdns, yaitu digunakan untuk merefresh kembali DNS Server, den meregister ulang kembali koneksi DNS.

ipconfig /release

Perintah ipconfig /release ini fungsinya adalah untuk menghapus konfigurasi alamat ip address.

ipconfig /displaydns

Di gunakan untuk menampilkan DNS cache.

Nah itulah sedikit informasi tools jaringan yang sering di pakai untuk memeriksa koneksi jaringan yang kita pakai, semoga menmabah pengetahuan kita. Semoga berguna....




Post a Comment

0 Comments