Header Ads

Peralatan Membangun Hotspot RT RW net Murah


Pembaca sekalian, mungkin tertarik ingin membuat hotspot antar rumah dengan memanfaatkan koneksi WiFi yang di pancarkan dari satu titik ke titik  yang lain. Nah artikel kali ini akan di bahas bagaimana cara membuat RT RW net menjadi murah dengan peralatan yang sederhana.

Penjelasan apa itu RT RW net



RT RW-Net adalah jaringan komputer berbasis swadaya masyarakat dalam ruang lingkup wilayah yang kecil antar rumah, melalui jalur kabel atau Wireless. 
Istilah RT/RW-net pertama kali digunakan sekitar tahun 1996-an oleh para mahasiswa di Universitas Muhammadyah Malang (UMM), seperti Nasar, Muji yang menyambungkan kos-kos-an mereka ke kampus UMM yang tersambung ke jaringan AI3 Indonesia melalui GlobalNet di Malang dengan gateway Internet di ITB. 
Sambungan antara RT/RW-net di kos-kosan ke UMM dilakukan menggunakan walkie talkie di VHF band 2 meter pada kecepatan 1200bps. Hal tersebut, diutarakan oleh Bino, waktu itu masih bekerja di GlobalNet, secara bercanda para mahasiswa Malang ini menamakan jaringan mereka RT/RW-net karena memang di sambungkan ke beberapa rumah di sekitar kos-kosan mereka.
KONSEP dari RT RW Net
Konsep RT RW Net sebenarnya mempunyai kemiripan dengan warnet, yang menyewa bandwidth dari operator jasa internet ISP (Internet Service Provider) seperti telkom, MNC Play, dll. Perbedaan warnet dengan RT RW net adalah tempat pelanggan berada. Pelangggan RT RW net menggunakan jaringan internet di rumah masing masing terhubung dengan Access Point pada BTS.
Misalkan kita berlangganan Indihome dari telkom dengan paket 10 Mbps dengan harga 400 ribuan di share 10 orang maka akan mendapatkan jatah masing amsing 1 Mbps dengan iuran perbulan 50 ribuan sisanya 100 ribu bisa untuk bayar listrik. cukup murah bukan dengan akses internet 24 jam sehari selama sebulan penuh. 
Tujuan utama dalam pembuatan RT RW net adalah memberikan akses internet murah bagi masyarakat serta membangun masyarakat agar lebih tau tentang teknologi informasi.
 TOPOLOGI DAN KEBUTUHAN PERANGKAT
Secara Sederhana, topologi dalam sebuah RTRW Net adalah sebagai berikut :
Modem ->Router -> Pemancar Wifi -> Antena Penerima -> Client
Alat yang di gunakan membangun  Hotspot RT RW Net
Agar jaringan dapat berjalan dengan baik alat alat yang perlu di persiapkan adalah internet Unlimited yang di gunakan sebagai Backbone pemancar wireless peralatan yang di butuhkan antara lain.
Router mikrotik
Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun. Belakangan ini banyak usaha warnet yang menggunakan mikrotik sebagai routernya, dan hasilnya mereka merasa puas dengan apa yang diberikan mikrotik.

Access Point

Access point berfungsi memancarkan jaringan wireless dari jaringan LAN kabel yang selanjutnya akan di terima oleh tetangga terdekat, jarak jangkauan tergantung dari spesisikasi AP (access point) rata rata tembus hingga 100 meter di cek menggunakan perangkat smartphone. Namun jika jarak antar rumah lumayan jauh bisa mengukan wireless outdor yang di set menjadi station bagian klient nya.



Antena (Omni)


Untuk memperluas janggkauan area hingga beberapa kilometer diperlukan antena omni eketernal atau jenis antena yang lain seperti sektoral. 
Antena omni ini memiliki pancaran radiasi 360 derajat, jadi cocok untuk menjangkau clien dari arah mana saja.



Box Access Point

Untuk melindungi access point dari hujan, di perlukan box berbentuk kotak
tahan air rata rata sudah di lengkapi kunci pengaman di pasang persis di bawah antena box ini kusus jika kita menggunakan perangkat wireless indoor, namun jika perangkat wireless kita outdor tidak perlu menggunakan alat ini.



Kabel Pigtail
Kabel pigtail ini di gunakan untuk mengghubungkan antena omni dengan access point, namun ada juga access point tidak memerlukan kabel pigtail karena antena sudah menjadi satu bagian dengan AP. Perangkat out door seperti bullet tidak memerlukan kabel seperti ini.


POE (Power Over Ethernet)

Agar kabel listrik tidak di naikan ke atas untuk tegangan Access Point maka di perlukan alat “POE”  yang berfungsi mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP melalui injeksi daya listrik. Jika memakai alat ini maka tidak perlu repot-repot lagi mengulur kabel listrik ke atas tower lebih praktis.




Kabel UTP

Kabel UTP/STP ini di perlukan untuk menghubungkan Access Point dengan jaringan kabel pada LAN local. Dari bawah di pasang  ke komputer gateway/router atau ke switch. Pilihan kabel UTP yang berkualitas baik meningkatkan kualitas arus listrik yang di lewati melalui perangkat POE.



Penangkal Petir

Grounding untuk penangkat petir umumnya di tanam dengan batang tembaga hingga kedalaman beberapa meter. Grounding yang kurang baik menyebabkan perangkat wireless rentan terhadap gangguan petir.
Tower

Guna mendapat jangkauan area coverage yang maksimal, kalian perlu menaikan antena omni eksternal ke tampat yang tinggi agar client WLAN bisa mengakses wifi hotspot

Dengan menggunakan alat sesuai topologi diatas, kita bisa memulai berhitung nilai investasi yang dibutuhkan untuk memulai usaha RTRW Net ini. Semoga artikel ini berguna bagi anda...

Artikel Terkait
1. Membangun jaringan RTRW Net dengan Mikrotik


No comments

Powered by Blogger.