Iklan 728x90

Perbedaan antara Dedicated Server dengan Shared Server

Saat memakai layanan web hosting mana yang paling baik saat memilih hosting, yah tentunya harus memiliki akses kecepatan internet baik local maupn international dengan bandwidth yang cukup serta spesifikasi dari server hosting yang handal tidak gampang down.
Ada beberapa pilihan web hosting yang dapat anda pilih yakni dedicated server, shared server, dan virtual private server. setiap paket yang di sewa tentunya memiliki manfaat dan teknologi yang berbeda.
Dedicated server  menggunakan satu server untuk satu klien, sementara shared server digunakan bersama sama oleh banyak situs atau banyak pengguna.
Spesifikasi dan layanan
Saat anda menggunakan shared server tentu biaya yang dikeluarkan akan  lebih murah di bandingkan dedicated server. Karena pada shared server, biaya yang ditanggung akan di bagi ke beberapa pengguna sehingga akan lebih ringan.
Namun ada kekurangan yang harus di peroleh, shared server menawarkan kapasitas ruang disk, bandwidth, dan stabilitas situs yang terbatas dibandingkan dengan dedicated server. Sementara itu dedicated server memiliki banyak ruang untuk di custom sesuai kebutuhan pelanggan.

Kelebihan dedicated server.

Akses penuh yang akan di berikan oleh layanan Hosting, anda bisa menentukan sistem operasi yang di pakai, spesifikasi hardware dan pengaturan lain. Tapi kalau kita bukan orang yang terlalu pintar biasanya pihak hosting masih menyediakan jasa untuk hal hal terkait masalah yang di hadapi, karena anda merupakan prioritas utama dan memang dedicated server relatif lebih mahal
Kekurangan dari dedicated server.

Hampir tidak ada kecuali harganya yang relatif mahal, selain itu di butuhkan pengguna yang ahli dalam mengelola semua data yang ada di dalam server seperti website, email, dll.
Anda tidak hanya harus menguasai skill pengelolaan website, tapi juga hardware-nya, OS-nya, sistem keamanannya, jaringannya, sampai database.
Penggunaan IP Address
Dedicated server memiliki satu IP address yang diberikan untuk satu pelanggan, sementara shared server beberapa pelanggan menggunakan IP address yang sama.
Jika salah satu web yang memakai layanan shared server, di blokir oleh mesin pencari maka situs kita akan terkena dampaknya, karena yang di blokir merupakan alamat IP Address 
Siapa biasanya yang memakai Dedicated Server
Tidak semua orang membuthkan layanan dedicated server, biasanya hanya di pakai oleh perusahaan yang besar dengan database yang besar pula dengan pengelolaan yang sangat kompleks. Untuk pengguna seperti blogger layanan VPS dan share hosting itu sudah sangat baik.


Post a Comment

0 Comments