Header Ads

Tips Memilih perangkat WiFi Indoor yang bagus Jangan Salah Pilih


Saat anda berlangganan koneksi internet broadband, mungkin anda memerlukan perangkat wireless router meskipun pada perangkat broadband anda sudah terpasang WiFi. Tidak ada salahnya jika ingin memperluas jangkauan pancar perangkat wireless anda memerlukan WiFi tambahan berupa WiFi Router.
Semakin luas cakupan area yang tercover oleh jaringan wireless akan memudahkan anda beraktifitas menggunakan perangkat seperti laptop, smartphone dll. meilih WiFi router yang baik akan menunjang aktifitas anda tanpa ada gangguan koneksi karena di dukung perangkat yang baik. Pengalaman surfing di internet dengan koneksi broadband yang anda miliki akan lebih mudah.
Pertimbangan dalam memilih WiFi Router

Untuk memilih perangkat WiFi Router anda harus mempertimbangkan hal hal sebagai berikut.

untuk memilih WiFi router terbaik, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor berikut:

1. Antena
Ketika ruangan anda terdapat didinding pemisah tembok ada baiknya memilih perangkat WiFi yang memiliki antena eksternal sangat di rekomendasikan, antena ini dapat membantu meningkatkan jangkauan perangkat WiFi ke semua ruangan di rumah anda.
Sebagian router memiliki antena internal tapi jenis antena ini tidak bisa menyamai kekuatan jangkauan router yang memiliki antena eksternal.
Daya atau kekuatan antena untuk memancarkan sinyal ditentukan oleh satuan dBi, semakin tinggi nilai atau angka dBi-nya maka semakin besar tingkat penguatan sinyal yang di pancarkan oleh antena yang di pakai. Besar kecilnya spesifikasi antena biasanya merupakan bawaan dari pabrik pembuatnya.
2. Dual-band
Kebanyakan router bekerja pada frekuensi 2.4GHz. Perangkat lain, selain router, seperti oven microwave, telepon tanpa kabel dan perangkat Bluetooth juga beroperasi di frekuensi yang sama sehingga berpotensi mengalami gangguan konektivitas atau interferensi sinyal.
Untuk menghindari kemungkinan gangguan, Anda harus mempertimbangkan memilih router dual-band yang memungkinkan koneksi pada pita frekuensi melebihi 5GHz.
3. Keamanan
Router menawarkan protokol keamanan seperti WEP, WPA, dan WPA2. Dari jenis metode keamanan, WPA2 dianggap yang paling baik karena merupakan pengembangan keamanan terbaru biasanya sudah di temui pada perangkat WiFi yang baru.
4. USB Port
Router dengan USB Port memudahkan Anda memasang perangkat flash drive, hard disk dan bahkan printer, sehingga bisa berbagi sumber daya secara wireless melalui jaringan, pilih router yang mendukung dongle USB.
5. Kecepatan Router
Setiap router memiliki kecepatan berbeda mulai 150 Mbps, 300 Mbps, 900 Mbps atau 1900 Mbps. Semakin tinggi nilai kecepatan yang di miliki maka transfer datanya akan lebih cepat seperti streaming video maupun berbagi data yang besar. WiFi Router yang memiliki kecepatan tinggi harus di dukung pula kecepatan internet yang baik. 
Kecepatan internet ditentukan oleh Internet provider yang anda pakai, sehingga kecepatan router hanya memiliki sedikit hubungan dengan kecepatan internet Anda.
Kecepatan router berhubungan dalam meningkatkan kinerja jaringan Local Area Network anda ketika Anda melakukan streaming musik dan video, berbagi file, dan sebagainya.
6. Memiliki standar fitur 802.11n
Merupakan standar jaringan yang di miliki oleh perangkat Wireless, standar jaringan nirkabel yang disepakati oleh WiFi Alliance.
80211n merupakan standar saat ini yang digunakan di jaringan nirkabel sampai versi 802.11ac semoga berguna.


No comments

Powered by Blogger.