Header Ads

Berapa Biaya Yang di keluarkan Untuk Blog Dalam Setahun

Ngomong ngomong soal ngeblog kira kira apa yang anda pikirkan, mungkin akan bertanya berapa penghasilan dari seorang blogger. Di sini saya tidak akan menjabarkan penghasilan seorang blogger tentunya penghasilan bisa bervariasi tergantung dari iklan dan trafik yang ada. Sebagian orang bilang ngeblog itu gratis dan tidak butuh biaya sepenuhnya tidak benar, kita sudah meluangkan waktu berjam jam bisa kita kalikan dalam seminggu berapa jam yang sudah kita pakai untuk ngeblog.

Tentunya ngeblog itu membutuhkan biaya mulai dari koneksi internet, laptop, waktu, sewa server hosting tentunya masih banyak lagi. Tentunya biaya di atas kalo kita rinci pasti tidak sedikit tergantung dari masing masing blogger pasti berbeda.

Berdasarkan pengalaman saya, saya mencoba share berapa biaya yang harus di keluarkan untuk ngeblog meskipun anda memakai platform blogger atau wordpress. Nah kira kira inilah rincian biaya yang saya keluarkan dalam setahun untuk ngeblog.

1. Sewa Domain dan Hosting
Bagi anda yang mnginginkan blog dengan domain TLD kita harus menyiapkan sewa Domain dan Hostingan jika di perlukan. Tidak sedikit biaya yang d keluarkan untuk sewa domain dan Hosting, misalnya kita memakai domain dengan ekstensi (com, net, id, co.id, ) harga untuk sewa domain sekitar 150.000,- per tahun.

Sedangkan untuk biaya sewa Hosting dengan resource yang paling kecil sekitar 200.000 per tahun tentu saja spesifikasi server, bandwidth, resource penyimpanan akan terbatas. Belum lagi kita upgrade paket Hosting yang lebih besar tentu biaya yang di butuhkan akan semakin besar. Namun biaya Hosting akan gratis jika anda memakai platform bloger atau wordpress.

2. Koneksi Internet
Salah satu senjata utama ngeblog adalah koneksi internet, harga koneksi internet internet berfariasi akan lebih murah jika kita numpang share WiFi dengan tetanggga. Katakanlah sekarng paket internet dari salah satu ISP sekitar Rp 380.000 perbulan dengan total bandwidth 10 mbps bisa kita share ke tetangga dengan iuran 100 ribuan perbulan tentu biaya ini akan semakin terjangkau. Sedangkan paket internet termurah dari ISP tersebut sekitar 150.000 per bulan. 

3. Laptop

Kita tentunya membutuhkan laptop atau komputer desktop untuk nulis artikel, dengan spesifikasi yang sedang tidak terlalu tinggi harga kisaran sekitar 4 jutaan. Tentu saja peralatan yang mendukung akan memudahkan kita untuk beraktifitas ngeblog.

4. Waktu
Ngeblog jelas memakan banyak waktu, berapa banyak waktu yang telah kita pakai membuat perencanaan blog, hingga menulis artikel yang harus di posting. Sebuah blog akan memiliki trafik yang stabil kalau sudah berumur 1 tahun lebih tergantung kontennya, jika konten menarik mungkin dalam jangka waktu 6 bulan trafik sudah di peroleh. Nah kira kira berapa waktu yang sudah kita pakai selama satu tahun tersebut, bisa anda hitung sendiri.

Dari artikel di atas saya akan merinci biaya minimal belum biaya lain lain, yakni biaya pasti yang telah di keluarkan.

Internet = Rp 150.000,-/bulan x 12 = Rp 1.800.000 per tahun
Domain dan hosting = Rp 500.000, per tahun
Jadi total biaya yang harus dikeluarkan dalam setahun adalah Rp 2.300.000 per tahun.

Nah itulah biaya yang harus di keluarkan untuk ngeblog dalam setahun, tentunya biaya di atas adalah biaya minimal belum termasuk peralatan laptop dan waktu.

No comments

Powered by Blogger.