Iklan 728x90

Setting WiFi Access Point di Routerboard Mikrotik


Mikrotik Routerboard pada seri tertentu seperti hAP telah di lengkapi wireless sehingga untuk pemakaian tidak memerlukan lagi perangkat tambahan seperti WiFi access point. Jaringan wireless merupakan teknologi pengiriman dan penerimaan data menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi. Wireless pada MikroTik sudah mendukung standar IEEE 802.11a/b/g/n dan dapat difungsikan sebagai mode Access Point ataupun mode Station sebagai klient.

Di bawah ini beberapa fitur mode yang ada pada mikrotik
Access Point Mode
  • Bridge : Wireless yang digunakan sebagai Access Point hanya pada satu device untuk keperluan Point to Point dan hanya bisa dengan sesama perangkat MikroTik saja.
  • AP Bridge : Wireless yang difungsikan sebagai Access Point untuk banyak device dapat di gunakan oleh beberapa device yang berbeda. 
Station Mode
  • Station Bridge : Wireless dapat digunakan untuk scan dan connect ke Access Point dengan frequency dan SSID yang sama namun dengan sesama perangkat MikroTik saja. Secara default, pada perangkat MikroTik sebagai station yang terkoneksi dengan AP MikroTik maka modenya akan menjadi station bridge.
  • Station : Mode Station yang dapat digunakan untuk scan dan connect ke Access Point dengan frequency dan SSID yang sama namun tidak dapat dibridge. Jika ada  Access Point Ubiquiti dan mikrotik sebagai station maka untuk keperluan koneksi di gunakan Mode Station. . 
  • Station Wds : Digunakan sebagai station untuk membentuk koneksi dengan Access Point yang menjalankan mode WDS (Wireless Distribution System).
  • Station pseudobridge : Station pseudobridge merupakan solusi saat menggunakan mode station yang terkoneksi dengan Access Point yang bukan mikrotik namun kita menginginkan koneksi yang dapat di bridge. Misalnya AP yang di gunakan adalah ubiquiti dan mikrotik sebagai station jika kita ingin melakukan monitoring klient yang terkoneksi dengan station mikrotik bisa kita gunakan mode ini. Teknologi pseudobridge akan melakukan MAC Address Translation.
  • Station pseudibridge clone : Pseudobridge clone digunakanan agar MikroTik dapat melakukan translasi MAC Address Client ke MAC Address Wireless MikroTik yang terhubung ke Access Point, sehingga AP akan mengetahui sehingga AP akan mengetahui mac address klient di bawah mikrotik,
Nah untuk setting WiFi access point berikut caranya.

1. Masuk winbox. Klik menu Wireless  default Interfaces WLAN biasanya disable lalu kita aktifkan dengan klik tanda  “” untuk enabled.

2. Setting IP Address Wireless  klik IP----->Address----->Wlan1


3. Kita double klik pada interface wireless untuk setting prfil wireless ada pada tab wireless


4. Memberikan Password WiFi klik menu Tab Security Profile trus klik (+)


5. Selanjutnya kita setting DHCP Server menggunakan interface Wlan
Klik IP------>DHCP Server


6. Alamat IP WLAN yang akan di berikan ke klient akan menyesuaikan dengan konfigurasi IP Address WLAN yang sudah di konfigurasi di atas. Kita tinggal ikuti proses next sampai finish.

Post a Comment

0 Comments