Iklan 728x90

Cara Install Unifi Controller di Linux Debian 8


Apa itu UniFi?

UniFi merupakan perangkat WiFi access point buatan ubiquiti yang di desain secara kusus untuk membuat sistem Hotspot yang flexibel dan dapat di perluas jaringannya sesuai kebutuhan dengan menggunakan unifi controller penambahan perangkat baru dapat di lakukan secara terpusat melalui server controller.

Kelebihan dari produk UniFi adalah kita bisa memperluas jaringan dengan menambahkan perangkat UniFi baru tanpa harus setting secara manual dengan cara mengadopt nya. Dengan cara pengaturan sistem yang terpusat di butuhkan sebuah komputer yang online 24 jam di jadikan sebagai UniFi controller. Jika anda hanya membutuhkan satu perangkat UniFi mending tidak memakai perangkat ini karena di butuhkan sebuah komputer sebagai UniFi controller yang online 24 jam nonstop. 

Namun jika jaringan anda luas dengan menggunakan banyak akses wireless dengan cakupan yang sangat luas maka sebaiknya menggunakan perangkat UniFi. UniFi bertindak sebagai bridge, jadi untuk bisa menggunakan perangkat ini memerlukan router (UnifiGateway, Mikrotik, Cisco, Netgear, DLL). UniFi belum ada fitur NAT atau routing karena hanya berfungsi sebagai Bridge Wireless 

Unifi tidak bisa di setting langsung melalui browser seperti perangkat ubiquiti yang lain, untuk mensetting kita memerlukan UniFi controller yang harus di install pada sebuah komputer server bisa berbasis windows maupun linux. Untuk default user dan password menggunakan ubnt, pasword ini di gunakan untuk melakukan adopt ke UniFi yang ingin kita setting.

UniFi controller adalah perangkat lunak (software) yang di buat kusus untuk memanage perangkat UniFi dalam jumlah yang banyak. Dengan UniFi controller kita tidak perlu setting satu persatu perangkat UniFi namun cukup di lakukan melalui UniFi controller. Kita cukup membuat profil hotspot seperti SSID, WPA, VLAN pada unifi controller dan akan di adopt sesuai setingan yang ada pada UniFi controller.

Cara instalasi unifi controler di debian 8, di wajibkan menggunakan java versi 1.7 atau yang terbaru 

Instalasi UniFi Controller
1.Tambahkan alamat repositorynya
pico /etc/apt/sources.list
deb http://www.ubnt.com/downloads/unifi/debian stable ubiquiti
deb http://downloads-distro.mongodb.org/repo/debian-sysvinit dist 10gen

2. Menambhakan GNU Privacy Guard (GPG) kunci untuk unifi dan mongo DB di gunakan untuk menyimpan user dan statistik unifi di dalam controller unifi.
apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv C0A52C50
apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv 7F0CEB10

3. perlu menambahkan repositori Java PPA webupd8team di sistem anda. Edit file ppa baru
pico /etc/apt/sources.list.d/java-8-debian.list

4. Tambahkan
deb http://ppa.launchpad.net/webupd8team/java/ubuntu trusty main
deb-src http://ppa.launchpad.net/webupd8team/java/ubuntu trusty main


5.Impor kunci GPG ke sistem untuk validasi paket
apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys EEA14886

6. Update dan install java 8
apt-get update
apt-get install oracle-java8-installer

7. Melihat versi java
java -version

8.  install unifi controoler
apt-get install unifi –y

9. Buka web browser untuk mengakses unifi controller dengan mengisikan alamat sebagai berikut
https://ipaddress-server-unifi:8443

Post a Comment

0 Comments