Iklan 728x90

Cara Forwarding port 80 Mikrotik ke Web Server


Port Forwarding  merupakan fitur pada router mikrotik yang menggunakan fungsi NAT untuk mengalihkan redirect dari salah satu IP address atau port tertentu yang melewati firewall Router dan dialihkan ke IP address lain dan port lain bisa juga pada port yang sama.

Jika kita memiliki satu ip public yang terbatas biasanya admin jaringan akan melakukan port forwarding untuk mengarahkan akses web dari jaringan public agar bisa mengakses web server pada jaringan local. Ip public yang di gunakan adalah Ip address mikrotik pada interface pubilc.

Saya asumsikan ip public router 202.100.10.233 untuk setingan DNS Server pada layanan domain & hosting untuk mengisikan pada A record dengan IP Public dari router kita. Untuk Web server memakai IP local dengan alamat 192.168.100.2. Nah sekarang bagaimana web server yang berada di belakang mikrotik yang memakai ip local bisa di akses oleh jaringan public

Berikut ini langkah konfigurasinya.
1. Kita ubah halaman default web page mikrotik dari 80 ke 88.
Klik IP-----> Service


2. Membuat Rule NAT

IP----->Firewall----->NAT







Pastikan rule diatas berada di bawah rule firewall nat masquerade

Cukup sampai di sini konfigurasi untuk mengarahkan akses dari ip public agar bisa mengakses jaringan local web server. Semoga berguna..


Post a Comment

0 Comments