Header Ads

Penyebab Mac Address Mikrotik Tidak Muncul di Winbox


Anda mungkin pernah mengalami tidak bisa login ke mikrotik dengan Winbox Via MAC Address. Winbox merupakan utility yang di gunakan untuk melakukan remote ke router mikrotik dengan mode GUI. Dengan memakai winbox anda tidak kesulitan dalam konfigurasi router mikrotik dengan mengetikkan perintah CLI, tapi tinggal klik.

Apabila Mikrotik sudah tersambung dengan baik ke komputer, maka saat winbox di buka secara otomatis, langsung mendeteksi MAC Address yang digunakan oleh mikrotik, mac address yang terdeteksi tersebut kita bisa login dan melakukan konfigurasi mikrotik melalui winbox.

Saat kita mau connect ke winbox biasanya bisa menggunakan IP Address ataupun MAC Address lalu klik connect, namun kadang kala MAC Address tersebut tidak bisa muncul.

Ada beberapa penyebab MAC Address Mikrotik tidak bisa muncul

1. Mikrotik belum terkoneksi dengan PC atau Laptop biasanya kabel LAN kurang ter tancap bisa kita cek lampu indikator menyala atau tidak. Apabila koneksi menggunakan wireless pastikan sudah terkoneksi dengan SSID di jaringan Mikrotik 

2. Mikrotik Hang, sehingga tidak terdeteksi Mac Address nya, solusinya bisa kita restart mikrotik nya dengan mencabut kabel adaptor

3. Komputer menggunakan Virtual adapter dari aplikasi lain seperti VirtualBox atau VMWare, solusinya disable virtual adapternya.

4. Jika mikrotik dalam kondisi baru coba setting konfigurasi IP address dengan pilian obtain, karena secara default IP Address mikrotik yakni 192.168.88.1
5. Jika masih belum muncul coba anda lakukan hard reset, yang ada pada tombol reset Mikrotik.

Itulah beberapa solusi jika MAC Address Mikrotik tidak muncul saat di buka menggunakan aplikasi winbox, semoga tutorial kali ini dapat berguna bagi anda.


2 comments:

Powered by Blogger.