Iklan 728x90

Macam Macam Mode Jaringan di virtualbox


Bagi anda yang 'belajar jaringan pasti mengenal jenis sofware vitualisasi salah satunya adalah virtualbox. Artikel kali ini akan membahas fungsi dari masing masing mode jaringan yang ada di virtualbox tentunya masing masing mode tersebut akan mempunyai fungsi yang berbeda beda. terdapat 5 mode jaringan yakni NAT, Bridged, Internal Network, dan Host-Only Adapter, Generic driver

Masing masing fungsi mode tersebut akan di jelaskan sebagai berikut

Nat (Network Address Translation)

NAT (Network Address Translation ) sebuah virtual network yang ada pada virtual box yang mempunyai fungsi seperti NAT. Dengan menggunakan mode NAT maka memungkinkan OS host memiliki koneksi internet maka OS guest secara langsung akan mendapat koneksi internet tanpa harus melakukan settingan terlebih dahulu. Fungsi NAT pada virtualbox sama dengan NAT pada jaringan fisik.

Bridged AdapterMode Bridge Adapter memungkinkan OS guest menerima data maupun mengirim data ke jaringan fisik, jadi OS guest dan OS ost adalah dua komputer yang berbeda misalkan komputer guest ingin kita sambung ke jaringan internet maka konfigurasi ethernet kita arahkan atau pilih ke LAN OS Host agar bisa berkomunikasi ke jaringan fisik. Sehingga misalkan ada server DHCP kita pilih mode bridge OS Guest maupun OS Host akan mendapatkan IP Address yang berbeda namun dengan kelas dan subnet yang sama sesuai konfigurasi di DHCP Server.

Internal Network
Internal Network (Jaringan Internal) adalah mode jaringan ini memungkinkan kita untuk membuat beberapa virtual machine/OS guest baru yang saling terhubung secara internal. Pengertian internal ini bisa saling terhubung antar OS Guest namun mode jaringan ini akan terisolasi dengan jaringan luar sehingga OS guest tidak bisa terhubung dengan OS Host atau sebaliknya.

Host-Only Adapter
Mode Host-only adapter bisa di anggap sebagai gabungan dari mode Bridged dan mode Internal network. Jika memakai mode ini OS guest dapat mengakses OS host dan sebaliknya OS host juga dapat mengakes OS guest. Dengan catatan OS host dan guest menggunakan mode jaringan host-only adapter secara langsung berada dalam satu jaringan yang sama dengan menggunakan Ethernet berbasis software.

Generic Driver
Jika kita ingin menghubungkan Virtual Box dengan sofware GNS3 untuk simulasi jaringan kita bisa memakai mode Generic Driver. Biasanya mode ini akan secara otomatis jika GNS3 dan Virtualbox sudah terhubung.


Nah itulah beberapa mode yang ada pada virtualbox semoga artikel ini dapat membantu dan menjelaskan dalam konfigurasi sistem virtualisasi dengan virtualbox, semoga berguna..


Post a Comment

0 Comments