Iklan 728x90

Cara Setting DNS Di Mikrotik


Kali ini saya akan membagi tutorial cara setting DNS di mikrotik dengan menggunakan winbox. Apa yang di masksud dengan DNS. DNS adalah sebuah protokol yang bertugas mengubah,  menerjemahkan IP Public menjadi sebuah nama domain agar dapat di akses oleh web bowser seperti chrome atau mozilla firefox.

Router Mikrotik dapat diaktifkan menjadi DNS server untuk perangkat client, selain itu Router Mikrotik dapat juga dijadikan server DNS primer yang berada dibawah pengaturan DHCP server.

Baiklah sekarang kita coba seting IP DNS di Mikrotik

Klik menu IP lalu pilih DNS seperti gambar berikut ini:


Kebetulan saya diatas IP DNS di dapat secara dynamic dari modem, jika anda ingin menambahkan ip dns tinggal mengisikan saja alamat ip dns nya.
isi dengan alamat Public DNS server, disini saya dapat ip dns dari modem telkom dan google lihat gambar berikut:


pada Allow Remote Requests agan centang / checklist jika ingin menjadikan mikrotik sebagai dns server, dengan begini di komputer client nanti tidak perlu mengisi dns public, jadi dns pada perangkat client cukup kita isi dengan ip router / mikrotik.

Max UDP Packet Size: isi dengan 4096 (default aja) Cache Size: Jangan terlalu besar karena kapasitas storage pada Mikrotik RouterBoard terbatas. Jangan terlalu kecil juga karena akan menyebabkan sulit resolve saat client sedang browsing

Coba agan lihat gambar setting DNS pada client saya, ip router saya asumsikan 192.168.100.1, maka dns kita set ke ip router seperti berikut:



Nah cukup sudah konfigurasi dns pada Router Mikrotik. Demikian yang dapat saya sampaikan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, semoga berguna


Post a Comment

0 Comments