Iklan 728x90

Modifikasi Antena WiFi Untuk Memperkuat Sinyal


Jika kita ingin akses WiFi namun sinyal yang di pancarkan kurang begitu kuat, sebaiknya kita memodifikasi antena dari WiFi router, nah seperti apa modifikasi antena yang perlu di terapkan. Sehingga cocok untuk menambah jarak jangkauan wireless pada arah tertentu, banyak tutotial yang membahas bagaimana membuat antena WiFi yang bagus.

Penyebab sinyal WiFi menjadi lemah
  • Perangkat WIFI mengunakan frekuensi gelombang radio. Letakkan WIFI router anda, jangan berdekatan dengan perangkat yang mengeluarkan gelombang radio seperti lampu, adaptor, telepon wireless dan perangkat lain yang memiliki interverensi sinyal. Sebaiknya WIFI router ditaruh berjauhan dengan perangkat listrik lain. 
  • Letakan WIFI router di meja, dan bukan di lantai sejajar dengan perangkat Wireless penerima seperti smartphone dll.
  • Gunakan channel yang kosong atau tidak terpakai oleh perangkat lain. Bila area rumah banyak perangkat WiFisilahkan ganti chanel agar tidak saling menganggu. Gunakan tools WiFi analyser yang bisa di donload di playstore untuk melihat chanel yang kosong.
Dibawah ini cara membuat antena WIFI dengan sangat mudah

Disain dibawah ini menggunakan alumunium foil yang di jepitkan pada antena WiFi router untuk menerima sinyal pada sudut tertentu atau memancarkan sinyal dengan sudut tertentu


Menggunakan penampang alumunium yang di modifikasi sebagai penerima dari WiFi usb.


Menggunakan bekas tutup minuman kaleng yang di modifikasi seperti di bawah ini


Desain antena di atas di gunakan agar sinyal lebih terarah pada sudut tertentu dan daya pancar atau terima akan lebih jauh. Demikian tips dari artikel cara memperkuat sinyal WiFi semoga berguna.


Post a Comment

2 Comments