Iklan 728x90

Cara Setting Vlan di Mikrotik


Virtual LAN atau disingkat VLAN adalah sebuah metode yang di bunakan untuk mendidtribusikan beberapa segmen jaringan yang berbeda pada sebuah device yang memiliki jumlah port ethernet yang terbatas. sehingga dapat berkomunikasi bila pernagkat tersebut terhubung ke jalur yang sama padahal perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen lan yang berbeda.

Saat ini sudah banyak produk Router Mikrotik yang memiliki tambahan komponen switch chipset. Sepert halnya pada switch manageable yang beredar saat ini, switch-chip di Routerboard juga bisa mengimplementasikan atau mampu melakukan forwarding paket dengan melakukan VLan. 


Langkah konfigurasi VLAN di Mikrotik

1. Klik Interface --> VLAN --> Add [+].




 VLAN1

VLAN2

2. Selanjutnya kita tambahkan IP Address pada masing-masing VLan. Untuk VLan1 kita isikan dengan 192.168.10.1/24 dan VLan2 kita isikan dengan 192.168.50.1/24
Klik IP -->Addresses


VLAN1 IP Address


VLAN2 IP Address

VLAN ini bisa kita kombinasikan dengan DHCP server untuk mikrotik, tinggal kita pilih interface VLAN mana yang akan menjadi interface DHCP yang nantinya terhubung ke klien.

Nah sampai disini VLAN sudah kita buat dan di setting alamat ip address pada masing masing VLAN, tinggal kita hubungkan perangkat jaringan bisa router ataupun server. Cukup mudah bukan, selamat mencoba semoga berguna..

Baca Cara Konfigurasi Switch Manageable RB260GS Mikrotik dengan VLAN https://afakom.blogspot.com/2020/02/cara-konfigurasi-vlan-di-mikrotik.html

Post a Comment

1 Comments