Header Ads

Mengatasi Masalah WiFi Router yang Tidak Terkoneksi


Jaringan Wireless saat ini dalam penerapanya sudah menyebar ke perangkat smartphone, semua device sudah bisa terkoneksi ke jaringan wireless. Perangkat WiFi router sekarang juga semakin murah dan pemasangannya pun semakin mudah, tinggal kita colok kan ke sumber internet kita set IP sudah bisa buat internetan.

Jika anda mengalami masalah koneksi WiFi Router yang di sebabkan beberapa aspek bisa dari perangkat keras ataupun sofware berikut ini ada beberapa penyelesaian masalah yang bisa anda terapkan di rumah. 

Cara mengatasi masalah WiFi Router

Restart Router
Soluasi paling mudah kita mencoba untuk merestart WiFi Router kita, biasanya ada beberapa penyebab WiFi tidak bisa terkoneksi ke jaringan internet, Router dalam kondisi panas, terjadi IP conflik karena DHCP tidak bekerja sebagaimana mestinya, terlalu banyak perangkat yang terkoneksi ke Router. Untuk restart router matikan dan cabut kabel adaptornya tunggu beberapa saat hingga kondisi panas pada router berkurang, lalu pasang kembali.

Cek Kondisi Suhu Router
Perangkat elektronik rawan terhadap suhu yang panas karena bekerja terus menerus, panas berlebih ini bisa menyebabkan router hang dan tidak bekerja. Jika terasa panas sebaiknya router dimatikan terlebih dahulu.

Kabel Terpasang dengan Benar
Kabel LAN yang tersambung ke internet tidak terpasang dengan benar, misalnya tidak sengaja tertarik sehingga lepas menyebabkan koneksi ke jaringan internet terputus. Cek kembali kabel yang terhubung pastikan etrpasang dengan benar.

Ganti posisi Router
Pilih tempat yang sesui untuk menaruh WiFi Router, pastikan tidak terhalang dinding agar sinyal mampu menyebar secara baik dan merata. Jauhkan Router dari perangkat elektronik lain yang menyebabkan interverensi sinyal WiFi, pastikan antena WiFi tegak lurus vertikal di banding dengan horisontal, dengan posisi lurus vertikal sinyal akan terpancar dengan baik.

Letakkan router di tempat terbaik
Letakkan Router pada posisi terbaik tidak terhalang dinding, sebisa mungkin cari tempat terbuka agar sinyal bekerja secara optimal tempatkan router dari benda yang menghalangi router agar sinyal terpancar sempurna.

Lihat kekuatan sinyal
Lihat kekuatan sinyal yang di hasilkan oleh router, ada banyak aplikasi untuk mengukur kekuatan sinyal dari WiFi router tersebut, bisa anda unduh di playstore.

Mengatur chanel frekwensi
Biasanya WiFi router yang memiliki frekensi 2,4 Ghz memiliki 14 chanel yang bisa di pakai, masing masing perangkat WiFi router tidak boleh memakai chanel yang sama karena bisa menyebabkan interverensi sinyal. Gunakan chanel yang tidak terpakai, jarak pemakaian chanel seperti berikut, chanel 1, 6, 11, 14 pada masing masing perangkat.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi masalah WiFi router jika tidak terkoneksi ke jaringan internet, semoga artikel ini dapat membantu anda yang kesulitan dengan masalah WiFi Router, Semoga berguna..


No comments

Powered by Blogger.