Iklan 728x90

Cara install MySQL server 5.6 atau 5.7 di debian 9



Sejarah MySQL

MySQL adalah perangkat lunak untuk system manajemen basis data SQL (DBMS) yang multithread, dan multi-user. MySQL adalah implementasi dari system manajemen basisdata relasional (RDBMS). Sebagai sofware pengelola basis data yang telah di miliki oleh Oracle salah satu perusahaan pengelola sofware terbesar di dunia.

Sejarah mencatat seorang programmer komputer asal negeri Swedia yang bernama Michael “Monty” Widenius mengembangkan sistem database sederhana di beri nama UNIREG. Pada saat tools ini di buat masih menggunakan low level database engine dengan indexing. Michael “Monty” Widenius juga masih bekerja pada salah satu perusahaan di Swedia yang bernama TcX.

Tahun 1994 TcX mulai menaruh minat pada proyek Monty yang akan menjadikan UNIREG sebagai sistem database untuk proyek web yang sedang di buat. Karena UNIREG dianggap tidak terlalu cocok untuk database yang dinamis seperti web sehingga pada akhirnya TcX mencari alternatif lain yakni mSQL (mini SQL) yang telah dikembangkan oleh David Hughes. Namun mSQL versi 1 ini memiliki kekurangan, yaitu tidak mendukung indexing sehingga dianggap kurang baik.

Sehingga di buatlah kerjasama antara Michael “Monty” Widenius, David Hughes dan Tcx untuk mengembangkan sistem database, pada tahun 1995 di rilis sofware pengelolaan database dengan nama MySQL merupakan cikal bakal pengembangan MySQL. Sofware ini bersifat open source ada beberapa perusahaan telah mengembangkan MySQL sampai akhirnya dikelola langsung oleh suatu perusahaan bernama Oracle.

MySQL unggul dalam hal unjuk kerja di bandingkan perangkat lunak kompetitor sejenisnya, namun untuk database jenis non-transaksional MySQL memiliki kelebihan dan sangat cocok untuk aplikasi CMS seperti blogging dan sejenisnya. Untuk kebutuhan sistem yang ditujukan untuk bisnis sangat disarankan untuk menggunakan basis data transaksional, unjuk kerja MySQL pada modus transaksional tidak secepat unjuk kerja pada modus non-transaksional.

Selanjutnya perusahaan mendapatkan penghasilan dari menjual jasa “support” bagi perusahaan yang ingin mengimplementasikan MySQL. Konsep bisnis ini sekarang dikenal dengan istilah Open Source. Pada saat dirilis MySQL, TcX merubah nama perusahaan menjadi MySQL AB, dengan Michael Widenius, David Axmark dan Allan Larsson sebagai pendirinya. Titel “AB” dibelakang MySQL, merupakan singkatan dari “Aktiebolag”, sama dengan PT (Perseroan Terbatas).

Cara Instalasi MySQL

1. Download the MySQL APT repository config tool
wget https://dev.mysql.com/get/mysql-apt-config_0.8.9-1_all.deb
2. Install MySQL 
dpkg -i mysql-apt-config_0.8.9-1_all.deb
Pilih Server  mysql-5.6 atau mysql-5.7. lalu klik Apply

3. Lakukan Update 
apt-get update
Demikian penjelasan tentang sofware database MySQL semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments