Iklan 728x90

Pengertian Server Hosting



Saat kita ingin membangun sebuah website pasti di buthkan tempat untuk menampung data data dari website yang kita bangun, data data ini bisa kita membuat server khusus atau bisa juga kita menyewa server yang telah disediakan oleh penyedia layanan hosting. Service yang di jalankan oleh penyedia server hosting seperti  HTTP, HTTPS, FTP, EMAIL, atau DNS. 

Hosting di ibaratkan sebuah rumah yang disewakan dengan ukuran tertentu dan setiap bangunan rumah pasti memiliki ukuran yang berbeda, tentunya harga yang di tawarkan juga sesuai dengan spesifikasi yang di sewakan.

Jenis – Jenis Hosting  :

1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain. Satu server di pergunakan lebih dari satu acount, sehingga bandwidth yang di berikan juga akan dishare oelh  akun yang lain.  

2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan sistem virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Satu server bisa di install oleh beberapa sistem operasi yang berjalan di atas sistem operasi, contohnya proxmox, Virtualbox, wmware dll.

3. Dedicated Server adalah server khusus untuk aplikasi hosting  dengan trafik yang tinggi sehingga di perlukan server sendiri. Satu akun akan mendapatkan jatah server utuh tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server.

4. Colocation Server adalah layanan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting.

Fungsi Hosting

1. Tempat Menyimpan Data
Hosting di gunakan untuk menyimpan data data website agar bisa di akses oleh pemgunjung web, hosting berbayar memiliki harga yang bervariasi dengan kapasitas penyimpanan yang beragam pula, mulai 512 MB, 1 GB, 2 GB hingga ratusan GB juga ada. Semakin banyak permintaan tempat untuk menyimpan data, maka semakin mahal pula harga sebuah hosting. 

2. Menjaga Agar Situs Web bisa Diakses 24 Jam

Pilihlah hosting yang bagus dan servernya tidak mudah down, maka setiap kali ada orang yang ingin mengakses website yang anda miliki, orang tersebut bisa mengakses dengan lancar tanpa ada gangguan. Biasanya semakin tinggi trafik sebuah website maka perlu penanganan kusus dan memilih hosting yang bagus.

Memilih Web Hosting yang baik

Dengan melihat banyaknya client yang di handle kita bisa pastikan bahwa hosting tersebut memiliki reputasi yang baik sesuai dengan layanan yang di berikan, Lihat testimoni dari setiap klien yang sudah menggunakan hosting tersebut. Apakah track record yang dimiliki bagus atau tidak. Anda juga perlu berhati hati bahwa testimoni dan daftar pelanggan yang diberikan tersebut adalah asli bukan fiktif.

Lihat apakah bandwidth dan total penyimpanan data yang disediakan sesuaikan dengan bandwidth serta kebutuhan data penyimpanan website Anda. Sehingga kinerja website akan lebih maksimal. Harga yang di tawarkan juga harus masuk akan sesuai dengan layanan yang di berikan ke pelanggan.

Sekarang anda sudah paham apa itu hosting serta berbagai macam layanannya, dengan adanya artikel ini anda bisa menemukan solusi hosting yang baik untuk website anda, semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments